4 Tips agar Pengajuan Pinjol Cepat Disetujui

4 Tips agar Pengajuan Pinjol Cepat Disetujui

tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui dengan mudah--foto gridfame

OJK juga sempat menginformasikan beberapa tips agar terhindar dari jeratan pinjol ilegal.

  • Selalu periksa persyaratan dan ketentuan dengan jelas. Jika dirasa ada hal yang meragukan, alangkah baiknya untuk membatalkan proses pengajuan online.
  • Lakukan riset terkait riwayat operasional pihak fintech lending. Apakah memiliki rekam jejak digital yang bermasalah atau tidak.
  • Kalian bisa cek terlebih dahulu apakah lembaga pinjol yang hendak kalian hubungi terdaftar dalam situs resmi OJK.
  • Jangan mudah tergiur dengan nominal jumlah pinjaman yang besar. Selalu sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kalian.

3. Punya Skor Kredit yang Bagus

Tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui berikutnya yaitu memiliki skor kredit bagus. Baik atau buruk skor kredit tersebut mengacu pada kemampuan kalian untuk membayar pinjaman atau tagihan sesuai nominal yang sudah ditetapkan dan juga tidak melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Berdasarkan riwayat tersebut, pihak Bank nantinya akan melakukan penilaian secara internal untuk menentukan skor kredit yang kalian miliki.

Dalam hal ini, jika skor kredit kalian berada dalam penilaian yang baik maka pihak Bank akan melanjutkan proses pengajuan ke langkah selanjutnya. Namun, jika skor kredit tersebut memiliki nilai yang buruk, maka pinjol tersebut akan dibatalkan. Pembatalan tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya galbay atau kredit macet yang berujung pada kerugian yang diterima oleh pihak Bank.

BACA JUGA:12 Tips agar Pengajuan Pinjol Disetujui dan Pasti Cair

4. Lakukan Riset Terkait Syarat dan Ketentuan

Selain itu, kalian juga perlu melakukan riset terhadap syarat, ketentuan, serta keuntungan yang ditawarkan oleh pihak Bank. Secara umum, pihak bank mengharuskan untuk memenuhi persyaratan sebagai berikut. 

  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga)
  • Fotokopi bukti penghasilan atau slip gaji
  • Dokumen kepemilikan agunan seperti BPKB, sertifikat, serta portofolio keuangan (untuk pinjaman dengan agunan).

Itulah beberapa informasi seputar tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui yang perlu kalian ketahui dan lakukan dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: