PKBM se-Kota Tegal Komitmen untuk Berbenah dan Tumbuh

PKBM se-Kota Tegal Komitmen untuk Berbenah dan Tumbuh

BERSAMA - Kepala Bidang P2PNF Disdikbud Kota Tegal Trismanto bersama di forum silaturahmi PKBM.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Pusat Kegiatan Belajar masyarakat (PKBM) komitmen akan terus berbenah dan tumbuh. PKBM Tegal hadi bagian tak terpisahkan dalam mencerdaskan bangsa. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang P2PNF Disdikbud Kota Tegal Trismanto saat memberikan sambutan di forum silaturahmi PKBM se-Kota Tegal

"PKBM merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal yang ada di sistem pendidikan nasional kita. Dimana PKBM  dapat menyelenggarakan beberapa program PAUD, kepemudaan, pemberdayaan perempuan, kesetaraan program, life skil dan sebagainya. Sehingga satuan Pendidikan ini cukup bisa membuat akses kegiatan yang cukup luas," katanya.

BACA JUGA:Lahirkan Tenaga Ahli, Poltek Harber Tegal Fokus Garap Program Teaching Factory

PKBM harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Harapannya, PKBM selain sebagai satuan pendidikan nonformal, ke depan bisa menyesuaikan tuntutan dan perkembangan zaman terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

Informasinya, dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan asesmen nasional baik Paket A, B dan C guna mengukur kualitas pendidikan nasional. Dimana ukuran pendidikan itu ada tiga komponen, yang pertama asesmen nasional yang nanti akan dilakukan bagi para peserta didik. Kedua adalah survei karakter. 

BACA JUGA:Guru SMP Negeri 18 Kota Tegal Diberi Pengetahuan Bermedia

“Ketiga adalah survei lingkungan berlajar dengan harapan setiap satuan Pendidikan di PKBM ini bisa menyiapkan ANBK di tahun 2024 ini secara baik," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Silaturahmi PKBM se-Kota Tegal yang beranggotakan 10 PKBM Kresna Wahyudin berharap PKBM semakin hebat. Harapannya, PKBM ke depan lebih baik lagi dari yang sebelumnya sudah baik.

BACA JUGA:Tingkat Kebocoran Pengelolaan Sampah di Kabupaten Tegal Capai 62 %

"Ternyata, banyak PKBM yang hebat-hebat itu justru tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah. Tetapi didukung oleh komunitas yang kuat pula," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: