Giliran Prupuk Utara Kabupaten Tegal Dirikan Destana secara Mandiri

Giliran Prupuk Utara Kabupaten Tegal Dirikan Destana secara Mandiri

ARAHAN - Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD memberi pembekalan digelar pembentukan Destana Prupuk Utara.Foto: Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Apresiasi diberikan  BPBD kepada Desa Prupuk Utara yang tergugah membentuk Desa Tangguh  Bencana (Destana) secara mandiri. Destana  merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya. Serta mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Kalak BPDB Kabupaten Tegal Elliya Hidayah SIP MM melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Solichin menyatakan, pembentukan Destana dilaksanakan melalui pertemuan koordinasi teknis untuk menghasilkan dokumen-dokumen. Seperti pembentukan forum pengurangan resiko bencana tingkat desa yang terdiri dari berbagai unsur di desa. Pengkajian ancaman bencana kapasitas dan kerentanan desa hingga penyusunan rencana penanggulangan bencana dan rencana kontigensi desa.

BACA JUGA:Penataan Pedagang Pasar Trayeman Kabupaten Tegal Kondusif

"Dengan dibentuk sebagai Destana, diharapkan desa dapat mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk program penanggulangan bencana sesuai dengan kebutuhan desa tersebut," ujarnya, Senin (29/7/2024).  

Menurutnya, hal ini merupakan amanat Permendesa PDTT No 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dimana kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan konflik sosial.

Serta penanganan bencana alam dan bencana sosial juga merupakan prioritas dalam penggunaan dana desa,"cetusnya. Sebuah  desa disebut mempunyai ketangguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan. 

BACA JUGA:Rumah Warga di Desa Tembok Luwung Kabupaten Tegal Terbakar, Damkar Langsung Gerak Cepat

Untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Setelah mendapatkan pelatihan dan arahan-arahan dari BPBD, Destana di Prupuk Utara diharapkan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi potensi ancaman bencana.

"Serta mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang terjadi," ungkapnya.

BACA JUGA:Belajar Otodidak, Multitalenta Jadikan Arifki Junior Langganan Juara

Destana merupakan salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dan dampak yang ditimbulkan. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: