6 Cara Mengatasi KTP Disalahgunakan Pinjol, Gak Perlu Panik

6 Cara Mengatasi KTP Disalahgunakan Pinjol, Gak Perlu Panik

Cara mengatasi KTP disalahgunakan pinjol--

DISWAY JATENG - Maraknya penipuan pinjaman online menjadi masalah serius yang perlu diwaspadai. Salah satu penipuannya yakni KTP disalahgunakan oleh pinjol, khususnya di platfrom ilegal.

KTP disalahgunakan oleh pinjol menjadi masalah serius yang perlu dicari solusinya. Karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang cara blokir KTP atau data pribadi yang disalahgunakan oleh pinjaman online.

Penipuan seperti ini bisa berujung fatal apabila dibiarkan, lho. Untuk mengatasi masalah KTP disalahgunakan oleh pinjol bisa diatasi dengan mudah dan anti ribet.

BACA JUGA: Cara Mengecek KTP yang Tercatat pada Pinjol, Nasabah Perlu Waspada Penipuan Data

Lantas bagaimana cara mengatasi kasus KTP disalahgunakan oleh pinjol? Berikut cara efektif atasi data KTP yang disalahgunakan oleh pinjaman online.

Cara mengatasi KTP disalahgunakan oleh pinjol

1. Utang Tidak Perlu Dibayar

Apabila Anda merasa tidak mengajukan pinjaman dan KTP disalahgunakan, sebaiknya tidak perlu bayar. Pasalnya hal ini hanya akan merugikan keuanganmu saja.

2. Cek Aktivitas Keuangan Pribadi

Berikutnya, jika Anda menggunakan mobile banking harus selalu memeriksa aktivitas keuangan pribadi. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan di rekening Anda.

BACA JUGA: Jangan Mudah Tergiur, Ini Bahayanya Menggunakan Pinjol Cepat Cair Tanpa KTP

3. Hubungi Pinjol

Berikutnya, Anda bisa menghubungi pinjol yang terlibat dan informasikan tentang penyalahgunaan data. Anda bisa meminta pihak pinjol untuk membatalkan dan menghapus KTP disalahgunakan oleh pinjol.

Selain itu, jika perlu Anda bisa meminta bukti bahwa data sudah benar-benar dihapus. Dengan cara ini, nantinya pihak pinjol tidak akan menyalahgunakan data Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: