7 Tips Melindungi Data Pribadi di Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan

7 Tips Melindungi Data Pribadi di Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan

Tips melindungi data pribadi --

DISWAY JATENG - Data pribadi di pinjaman online seringkali disalahgunakan untuk mengancam debitur galbay, khususnya di platfrom ilegal. Penting bagi Anda mengetahui tips melindungi data pribadi saat menggunakan pinjol.

Minimnya pengetahuan mengenai tips melindungan data pribadi saat menggunakan pinjol, bisa menyebabkan informasi penting Anda disalahgunakan. Terlebih jika aplikasi pinjol yang digunakan tidak resmi terdaftar OJK.

Tips melindungi data pribadi dapat dilakukan dengan mudah. Dengan beberapa langkah ini Anda bisa menhindari pencurian atau penyalahgunaan data.

BACA JUGA: Cek Sekarang! Ini Dia 5 Tanda-tanda Data Pribadi Bocor

Lantas bagaimana tips melindungi data pribadi saat menggunakan layanan pinjol? Berikut cara yang bisa Anda lakukan supaya informasi pribadi aman.

Tips melindungi data pribadi ketika menggunakan pinjol

1. Pastikan Pinjol yang Digunakan Legal

Ketika Anda menggunakan layanan pinjol, sebaiknya pilih aplikasi yang sudah resmi terdaftar OJK. Untuk mengecek legalitas aplikasi pinjaman online Anda bisa mengunjungi website resmi OJK atau layanan pengaduan.

Dengan menggunakan pinjol legal data pribadi terjamin aman dan tidak akan disalahgunakan. Selain itu, debitur mendapatkan perlindungan dari OJK jika dirugikan oleh pihak pinjol.

BACA JUGA: Begini Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi, Blokir Nomor Gak cukup!

2. Perhatikan Kebijakan Privasi

Tips berikutnya, sebelum mengajukan pinjaman pahami mengenai kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan layanan pinjaman online. Anda perlu memastikan bahwa informasi pribadi dilindungi oleh penyedia pinjaman online.

3. Gunakan Jaringan Wifi yang Aman

Tips melindungi data pribadi saat menggunakan pinjol berikutnya, yakni pastikan Anda mengajukan pinjaman dengan jaringan Wifi yang aman. Solusi lebih baiknya, yakni menggunakan jaringan pribadi untuk mengurangi risiko terjadinya penyadapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: