Sedekah Bumi, Bentuk Rasa Syukur kepada Tuhan

Sedekah Bumi, Bentuk Rasa Syukur kepada Tuhan

SEDEKAH BUMI - Warga sedang mengikuti kegiatan sedekah bumi.Foto:Siti Maftukhah/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sedekah bumi menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Tujuannya, sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang dilimpahkan pada masyarakat

Seperti sedekah bumi yang dilakukan di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang dengan kirab atau  mengarak gunungan buah dan sayur hasil bumi. Masyarakat antusias dalam kegiatan tersebut dan mampu memberikan hiburan dengan berbagai kreativitas menarik. 

BACA JUGA:Potongan Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Baru di Poltek Harber Tegal

"Sedekah ini untuk kemajuan, kemakmuran, kesejahteraan masyarakat serta bentuk syukur pada Allah SWT," ujar Kepala Desa Wanarata Elok Rahmawati.

Hasil bumi warga desa berupa sayuran dan buah, seperti timun, kubis, tomat, cabai, bawang teropong, kacang kacangan, terong, tomat, umbi umbian dan lain sebagainya. Sedangkan buah antara lain jeruk, jambu, mangga, pepaya dan lain lain. 

"Hasil bumi berupa sayur dan buah dibuat gunungan kemudian di arak dan diperebutkan oleh masyarakat," tambahnya. 

BACA JUGA:Pengesahan Warga Baru PSHT Kabupaten Tegal

Umam, salah satu warga menuturkan, sedekah bumi merupakan kegiatan turun temurun dan menjadi agenda rutin. Bahkan, ada ruwatan dengan menggelar wayang, sebagai rangkaian kegiatan tersebut. Harapannya, desa Wanarata ke depan lebih maju, masyarakatnya sejahtera, perekonomian makin meningkat. 

"Semoga hasil bumi tambah melimpah dan desa menjadi desa yang berkembang di segala bidang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: