5 Cara Lunasi Utang Pinjol Paling Efektif

5 Cara Lunasi Utang Pinjol Paling Efektif

tips melunasi hutang pinjol --foto personal finance

DISWAY JATENG - Pinjol kini banyak digandrungi sebagai solusi mencari dana mendesak dengan nominal yang bervariasi. Namun terkadang ada kendala yang bisa menghambat melunasi utangnya. Karena itu, perlu ketahui tips melunasi hutang pinjol.

Masing-masing pinjol memiliki limit pinjaman. Semua berada di angkat satuan hingga puluhan juta. Tentu biaya yang harus diganti sudah diakumulasi dengan bunga yang disepakati. Meski mudah digunakan, tidak sedikit juga yang merasa kesulitan melunasinya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh ketidaksesuaian penghasilan dan jumlah pinjaman. Maka dari itu, tips melunasi hutang pinjol menjadi solusi tepatnya. 

Tips melunasi hutang pinjol dapat kalian lakukan jika sedang terjebak dalam jeratan utang pinjol agar tidak berkepanjangan dan jika dibiarkan akan semakin menumpuk sehingga memberatkan dalam melunasinya, dan hal ini merupakan masalah serius yang harus kalian hadapi. 

Pada artikel kali ini, telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai tips melunasi hutang pinjol yang dapat kalian terapkan untuk menghindari teror dan kedatangan oleh debt collector (DC) pinjol. 

BACA JUGA:6 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Solusi Bebas dari Tagihan Pinjol

Tips Melunasi Hutang Pinjol

1. Rutin 

Tips melunasi hutang pinjol bisa dilakukan secara rutin dalam pembayaran. Lebih baik jika kalian melakukannya dengan tepat waktu. 

Hal ini untuk menghindari penggunaan uang ke hal lain yang tidak sesuai alokasi. Pihak pinjol juga tidak begitu gencar melakukan penagihan yang mungkin bisa mengganggu aktivitas.

2. Gunakan Dana Darurat 

Dana darurat merupakan unsur perhitungan keuangan yang perlu diperhatikan. Kalian bisa menggunakannya sewaktu-waktu apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya jatuh sakit, bencana alam, dan hal di luar perkiraan lainnya. 

Apabila penghasilan tidak dapat mencukupi pelunasan, kalian juga bisa menjadikan dana darurat sebagai pilihan. Hal ini bisa membuat kalian terlepas dari proses penagihan yang dilakukan oleh pihak pinjol.

BACA JUGA:Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

3. Analisis Keuangan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: