Penting Ketahui, Begini 7 Cara Cek WhatsApp Disadap Agar Tidak Dirugikan

Penting Ketahui, Begini 7 Cara Cek WhatsApp Disadap Agar Tidak Dirugikan

cara cek whatsapp disadap --foto youtobe

DISWAY JATENG - Pengguna smartphone perlu mengetahui cara cek WhatsApp disadap sebagai antisipasi dari tindakan yang tidak diinginkan. Ada banyak ciri yang menandakan penyadapan sedang terjadi sehingga kalian bisa menghindari kerugian.  

Setiap pesan di WhatsApp (WA) sebenarnya telah terenkripsi. Namun, hal tersebut tidak mengurangi risiko penyadapan di aplikasi perpesanan tersebut. Penyadapan tentu akan sangat merugikan bagi pengguna. Berbagai aktivitas, mulai dari chat, daftar kontak, hingga dokumen yang dibagi bisa diketahui oleh peretas dari jarak jauh. Karena itu, perlu ketahui cara cek WhatsApp disadap agar data tidak bocor. 

Ciri-ciri akun WhatsApp yang disadap antara lain, mendapat kiriman kode OTP lewat SMS maupun telepon, pesan yang telah dibaca, keluar akun secara tiba-tiba, mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna, dan status online padahal tidak aktif. Segera ketahui cara cek WhatsApp disadap untuk menghindari berbagai kerugian. 

Lantas, bagaimana cara cek WhatsApp disadap? Berikut ada beberapa solusi efektif yang bisa kalian coba dan terapkan agar data kalian tetap aman dan terlindungi dari berbagai kejahatan. 

BACA JUGA:Penting Ketahui, Begini 7 Tips Jitu Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap Pinjol

 

Untuk mengatasinya, berikut cara cek WhatsApp disadap atau tidak, dirangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut: 

1. Periksa Informasi Kontak

Cara cek WhatsApp disadap yaitu dengan memeriksa informasi kontak kalian. Jika ada penyusup membajak akun kalian, mereka biasanya akan mulai mengubah informasi kontak.

Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas, pilih Settings lalu pilih profil di bagian atas menu dan tinjau informasi akunmu. Jika ada yang berubah, kalian harus segera mengamankan akun WhatsApp (WA). 

2. Periksa Daftar Teman di WhatsApp

Sebagai pemilik akun, kalian pasti mengetahui kontak teman-teman lama maupun baru yang pasti dikenal. Untuk mengetahui apakah disadap, cobalah periksa kontak WhatsApp. Periksalah apakah ada teman baru yang tidak dikenal muncul pada daftar.

BACA JUGA:Tak Perlu Blokir Nomor, Begini 7 Tips Balas WhatsApp DC Pinjol agar Kapok Neror

3. Cek Lewat WhatsApp Web

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: