6 Cara Pemutihan BI Checking Agar Pengajuan KPR Mudah Diterima

6 Cara Pemutihan BI Checking Agar Pengajuan KPR Mudah Diterima

cara pemutihan bi checking --foto kompas money

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa cara pemutihan BI checking yang dapat kalian lakukan dan terapkan jika memiliki skor kredit buruk. Cara ini untuk memudahkan kalian agar mendapatkan pinjaman kembali dengan mudah. 

Cara pemutihan BI checking pada dasarnya yaitu dengan melunasi semua utang atau pinjaman dan mengurangi tunggakan kredit. Dengan begitu, dapat memperbarui data kredit kalian di sistem OJK yang nantinya akan tercermin pada kenaikan skor kredit. 

Skor kredit yang buruk bisa dibilang merupakan salah satu batu sandungan yang paling sering dialami oleh calon nasabah KPR. Karena itu, jika tidak ingin membuang waktu dan uang untuk menjalani proses pengajuan kredit rumah, penting bagi kita untuk memperbaiki skor kredit kita terlebih dahulu atau melakukan cara pemutihan BI checking.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Pemutihan BI Checking dan Berapa Lama Prosesnya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jika skor kredit kalian buruk atau bahkan kalian masuk ke dalam daftar hitam, cara pemutihan BI checking merupakan satu-satunya solusi agar kalian bisa mendapatkan kredit pemilikan rumah atau KPR.

Cara pemutihan BI Checking

Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk memperbaiki skor kredit, sebagai berikut: 

1. Tepat Waktu Membayar Tagihan

Satu hal yang sering disepelekan ketika membayar cicilan yaitu tidak membayarnya tepat waktu. Padahal keterlambatan membayar cicilan bisa menimbulkan denda atau penalti dan akan tercermin dalam skor kredit kalian.

BACA JUGA: 3 Cara Pemutihan BI Checking Paling Efektif Jika Terlanjur Galbay Pinjol

Karena itu, penting bagi kalian mencatat dan memasang reminder di ponsel untuk tiap tanggal pembayaran cicilan utang. Jika kalian membayar pinjaman tepat waktu, maka bank atau lembaga juga akan mencatat bahwa rekor pembayaran kalian sudah baik.

Ini akan membantu dalam memperbaiki skor kredit.

2. Pantau Terus Skor Kredit Kalian 

Jika utang sudah berkurang dan pembayaran kalian sudah tepat waktu, maka seharusnya bank atau lembaga akan memperbarui data ini dalam SLIK. Untuk memastikan bahwa bank atau lembaga melakukan hal tersebut, kalian perlu memantau perkembangan skor kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: