5 Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjol

5 Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjol

cara menghitung bunga pinjol --foto line bank

DISWAY JATENG - Cara menghitung bunga pinjol bermanfaat bagi kalian untuk memprediksi pembayaran utang beserta tagihan lainnya. Dengan memahami perhitungan bunga, kalian bisa menghindari suku bunga tinggi yang menyebabkan tagihan semakin membengkak. 

Bunga pinjaman online memang menjadi permasalahan serius oleh sebagian nasabah. Sebab itu, cara menghitung bunga pinjol paling mudah dan tepat bisa kalian coba dan lakukan untuk menghindari berbagai kerugian kedepannya.

Saat mengajukan pinjol, penting untuk memahami cara menghitung bunga pinjol agar tidak kebingungan di kemudian hari. Serta merupakan hal penting untuk memilih layanan pinjaman online yang akan digunakan. 

Lantas, bagaimana cara menghitung bunga pinjol? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Begini 5 Cara Menghitung Bunga Pinjol yang Paling Efektif, Berikut Faktor Mempengaruhi Tingkat Bunga

Sekilas Tentang Bunga Pinjol

Bunga pinjol merupakan tambahan biaya yang harus disetor oleh kalian kepada penyedia pinjol sebagai imbalan atas pemakaian dana. Bunga ini dihitung berdasarkan persentase dari jumlah pinjaman yang diambil dan umumnya dibayarkan bersamaan dengan angsuran pinjaman.

Perbedaan antara bunga pinjaman online dan offline terletak pada proses pengajuan pinjaman. Pada pinjaman offline, kalian perlu mengunjungi kantor bank atau lembaga keuangan untuk mengajukan pinjaman dan menyelesaikan proses administratif. 

Cara Menghitung Bunga Pinjol 

1. Tentukan Tenor Pinjaman

Cara menghitung bunga pinjol yaitu dengan tentukan tenor pinjaman. Pilih tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman. Tenor bisa bervariasi mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun tergantung pada kebijakan penyedia pinjol. Perlu diingat bahwa makin lama tenor makin besar total bunga yang akan dibayarkan.

2. Hitung Total Bunga

Gunakan rumus berikut untuk menghitung total bunga: Jumlah Pinjaman x Tingkat Bunga x Tenor Pinjaman. Misalnya, jika jumlah pinjaman Rp5.000.000, tingkat bunga 10% per tahun, dan tenor pinjaman 12 bulan, maka total bunga adalah Rp5.000.000 x 0.10 x 1 = Rp 500.000.

BACA JUGA:2 Metode Cara Menghitung Bunga Pinjol Paling Mudah, Hindari Bunga Mencekik Leher dari Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: