Adakan Pelatihan Linting Sigaret Kretek Tangan

Adakan Pelatihan Linting Sigaret Kretek Tangan

MOTIVASI - Kepala Dinas Perintransnaker memberikan motivasi pada puluhan peserta pelatiihan linting sigaret kretek tangan.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Bentuk komitmen dan kepedulian bersama dalam upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja di sektor industri rokok kretek. Dilakukan Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal. Kali ini pelatiihan linting sigaret kretek tangan digelar selama 5 hari dan diikuti 50 orang di PT Tegal Jaya Makmur yang dibiayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro didampingi Kabid PPI Irsyad menyatakan bahwa  pelatihan ini  merupakan bagian dari upaya  bersama dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan para pekerja di sektor industri rokok. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Dukung Berdirinya Destana di Desa Gumalar

"Khususnya dalam bidang pelintingan sigaret kretek tangan," ujarnya, Selasa (16/7/2024). 

Pihaknya menyadari bahwa industri rokok, terutama sigaret kretek tangan, memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Selain memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan negara, industri ini juga memiliki peran strategis dalam menyerap tenaga kerja.

Menurutnya,  sigaret kretek tangan adalah warisan budaya yang harus dijaga dan kembangkan. 

BACA JUGA:Dinas Sosial Serahkan Alat Permainan Edukatif

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sigaret kretek tangan juga merupakan salah satu produk kebanggaan bangsa Indonesia yang sudah dikenal di berbagai belahan dunia. 

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa keterampilan dan pengetahuan dalam proses pelintingan sigaret kretek tangan terus ditingkatkan dan diwariskan kepada generasi berikutnya," ungkapnya.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai teknik-teknik pelintingan yang benar. Penggunaan bahan baku yang tepat, serta bagaimana menjaga kualitas produk. 

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Lakukan Visitasi Praktik Mandiri Bidan

Dia berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan ini dengan serius dan penuh semangat. Manfaatkan kesempatan ini untuk menggali pengetahuan sebanyak mungkin dari para narasumber.

Selain itu, pentingnya aspek kesehatan dan keselamatan kerja dalam proses pelintingan sigaret kretek tangan. Pekerjaan ini memang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Namun juga harus memperhatikan aspek ergonomis dan keselamatan kerja agar para pekerja dapat bekerja dengan nyaman dan aman. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: