10 Tips Lunasi Utang Pinjol agar Terhindar dari Gagal Bayar dan Penagihan DC

10 Tips Lunasi Utang Pinjol agar Terhindar dari Gagal Bayar dan Penagihan DC

Tips lunasi utang pinjol agar terhindar dari gagal bayar--

DISWAY JATENG - Tips lunasi utang pinjol penting diketahui supaya terhindar dari Gagal Bayar (Galbay) dan penagihan Debt Collector (DC). Cara di bawah ini mudah untuk Anda lakukan supaya terbebas dari lilitan utang pinjaman online.

Seperti yang diketahui, jika utang pinjol dibiarkan saja maka hanya akan dibebani bunga dan denda tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu tahu tips lunasi utang pinjol legal.

Kredit macet seringkali disebabkan oleh bunga karena debitur nunggak dan akhirnya utang menjadi menumpuk. Tips lunasi utang pinjol yang akan dibahas bisa menghindari penumpukan tagihan.

BACA JUGA:Menghapus Data Pribadi di Pinjol Meski Utang Belum Lunas, Begini Cara dan Ketentuannya

Melansir dari penjelasan video YouTube NOVA ada beberapa tips lunasi utang agar terhindar dari galbay dan ancaman DC. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tips lunasi utang pinjol agar terhindar dari galbay

1. Hitung Semua Jumlah Utang

Apabila Anda memiliki utang pinjaman online, maka sebaiknya hitung semua jumlah utang yang ingin dibayarkan. Anda bisa mencatat semua jumlah utang beserta bunga dan dendanya, dan waktu jatuh tempo.

2. Prioritaskan untuk Melunasi Utang

Berikutnya, yakni prioritaskan melunasi utang berdasarkan jumlah tagihan, bunga, dan tanggal jatuh temponya. Apabila memiliki beberapa utang maka Anda bisa lunasi tagihan dari nominal yang paling kecil.

BACA JUGA:Kesulitan Lunasi Utang? Begini 5 Solusi Mengatasi Galbay Pinjol Supaya Bebas Lilitan Utang

Selain itu, Anda juga bisa bayar tagihan yang memiliki bunga paling besar supaya tidak menumpuk. Tips lunasi utang pinjol dapat dilakukan dengan membayar sesuai tanggal jatuh tempo yang paling dekat untuk menghindari bunga dan denda.

3. Menjual Aset

Supaya masalah utang cepat selesai, Anda bisa pertimbangkan untuk mejual aset berharga. Anda bisa menjual aset berharga untuk mendapatkan dana yang lebih banyak untuk lunasi utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: