Menghapus Data Pribadi di Pinjol Meski Utang Belum Lunas, Begini Cara dan Ketentuannya

Menghapus Data Pribadi di Pinjol Meski Utang Belum Lunas, Begini Cara dan Ketentuannya

Menghapus data pribadi di pinjol meskipun belum lunasi utang--

DISWAY JATENG - Menghapus data pribadi di pinjol apakah bisa meskipun tidak melunasi utang? Informasi ini penting bagi Anda yang saat ini mengalami galbay dan ingin mengamankan informasi pribadi.

Menghapus data pribadi di pinjol umumnya bisa dihapus secara permanen apabila debitur sudah melunasi utang. Namun, jika belum lunas apakah bisa dihapus? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pada saat mengajukan pinjaman, pastinya debitur akan dimintai KTP, nomor, telepon, dan informasi pribadi lainnya. Jika di pinjol legal tentu saja aman, namun apabila di platfrom ilegal Anda harus tahu cara menghapus data pribadi di pinjol.

BACA JUGA: Data Busuk Bisa Cair? Begini 5 Solusi Data Busuk agar Bisa Lolos Tanpa BI Checking

Apabila Anda menggunakan aplikasi pinjaman legal untuk menghapus data pribadi di pinjol harus melunasi utang terlebih dahulu. Untuk hapus data jika debitur belum melunasi utang pinjol sangatlah sulit untuk dilakukan.

Pasalnya pada awal transaksi dilakukan sudah ada ketentuan dan kebijakan yang perlu dipatuhi bersama, salah satunya mengenai data. Jika Anda ingin hapus data di pinjol sebaiknya lunasi utang terlebih dahulu sampai tidak ada biaya sepeserpun yang tersisa.

Supaya data aman Anda perlu hapus jika sudah berhasil melunasinya. Begini cara menghapus data pribadi di pinjol apabila Anda sudah berhasil melunasi tagihan.

BACA JUGA: Begini 4 Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Sebelum Tersebar, 100 Persen Berhasil

Tips menghapus data pribadi di pinjol

1. Hubungi Pinjol

Menghapus data pribadi di pinjol apabila aplikasi yang digunakan terdaftar OJK pastinya ada layanan call center. Anda bisa manfaatkan layanan ini untuk menghapus data pribadi jika sudah berhasil melunasi utang.

Caranya, yakni cek dan telepon nomor call center, setelah itu minta untuk menghapus data. Sertakan bukti pelunasan utang supaya penghapusan data pribadi mudah untuk diproses.

Jika sudah Anda bisa minta bukti kepada penyedia pinjol terkait penghapusan data. Hal ini untuk memastikan apakah data informasi diri sudah benar-benar terhapus dan tidak digunakan secara tak bertanggung jawab.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: