Tetap Waspada! 4 Alasan Pinjol Banyak Digemari Masyarakat Padahal Bunganya Cukup Tinggi

Tetap Waspada! 4  Alasan Pinjol Banyak Digemari Masyarakat Padahal Bunganya Cukup Tinggi

Tetap Waspada! 4 Alasan Pinjol Banyak Digemari Masyarakat Padahal Bunganya Cukup Tinggi-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Layanan pinjol tampaknya masih dibutuhkan oleh banyak masyarakat Indonesia. Di era modern saat ini, platform pinjol banyak digemari masyarakat yang membutuhkan dana tambahan tanpa melihat bunganya. 

Tidak sedikit orang memanfaatkan pinjol untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal itu akan menimbulkan pertanyaan, kenapa pinjol begitu digemari masyarakat? 

Aplikasi pinjol rupanya dianggap menawarkan berbagai manfaat menarik, seperti pencairan cepat dan persyaratan yang mudah sehingga masyarakat beramai-ramai menggunakan platform tersebut.

Jika kita melihat disisi belakang, perlu diketahui bahwa ada risiko pinjol yang harus diwaspadai. Bagaimana tidak, sudah banyak kalangan, termasuk ibu rumah tangga hingga pelajar yang menjadi korban jeratan pinjol.

Nah, apa saja sih alasan pinjol banyak digemari masyarakat padahal bunganya tinggi. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:6 Tips Jitu Menghentikan Teror DC Lapangan Pinjol

 

1. Dapat Memilih Jumlah Pinjaman

Jumlah pinjaman dana pada pinjol dinilai lebih fleksibel. Dengan begitu, masyarakat dapat memilih jumlah pinjaman, baik nominal kecil ataupun besar, sesuai dengan kebutuhan. 

Pinjol juga menawarkan banyak tenor cicilan, mulai dari tenor mingguan hingga bulanan. Itulah mengapa pinjol banyak disukai orang karena memberikan fleksibilitas bagi peminjam.

Meskipun pinjol menawarkan keuntungan yang luar biasa, tetapi penting untuk diingat bahwa pinjol  juga memiliki risiko. Suku bunga tinggi dan biaya tersembunyi dapat dapat menyebabkan beban para peminjam yang berat.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman online, penting untuk melakukan riset yang cermat, membaca syarat dan ketentuan dengan seksama, dan hanya meminjam dari platform yang sah dan berizin Otoritas Jasa keuangan (OJK). 

2. Lebih Praktis

Salah satu alasan utama mengapa pinjol sangat diminati masyarakat adalah kepraktisannya. Dengan kemajuan teknologi yang ada, hampir seluruh proses pinjol dilakukan secara digital. Sehingga memungkinkan pemohon mengajukan permohonan pinjaman, mengunggah dokumen, dan menerima dana dalam waktu yang sangat singkat. 

Sehingga, peminjam tidak perlu repot untuk mengunjungi bank atau lembaga keuangan tradisional. Tentunya ini sangat cocok bagi masyarakat yang membutuhkan uang namun memiliki jadwal yang padat.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Menghentikan Teror DC Lapangan Pinjol

3. Pengajuan yang Mudah

Pinjol kerap menawarkan persyaratan pengajuan yang lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman pada bank atau lembaga keuangan lain. 

Proses pengajuan yang mudah ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki kredit yang kurang baik atau tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Bahkan banyak platform pinjol yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan sekali. Cukup bermodalkan KTP, dana yang dipinjam bisa langsung cair dalam hitungan menit.

4. Persetujuan dan Pencairan Dana Cepat

Salah satu alasan mengapa pinjol banyak disukai orang adalah kecepatan persetujuan pengajuan utang. Beberapa platform pinjol dapat memberikan persetujuan pinjaman dana hanya dalam hitungan jam atau bahkan menit. 

Setelah disetujui, dana bisa langsung cair ke rekening pemohon dalam waktu singkat. Ini sangat berbeda dengan bank konvensional yang bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan minggu.

BACA JUGA:4 Lokasi ini Sering Didatangi DC Lapangan Pinjol Jika Debitur Galbay, Gak Cuma Rumah atau Tempat Kerja

Demikian ulasan beberapa alasan pinjol digemari masyarakat dengan bunga tinggi beberapa individu tanpa mempertimbangkan untuk kedepan resiko yang dihadapinya. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat yang cerdas harus selalu waspada terhadap maraknya pinjol di berbagai platform. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: