Terjerat Utang Pinjol? Begini 5 Tips Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol yang Menumpuk

Terjerat Utang Pinjol? Begini 5 Tips Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol yang Menumpuk

tips keluar dari jeratan pinjol --foto youtobe

Ketika memiliki uang ekstra, kalian tidak boleh tergoda dengan membelanjakan ke hal yang tidak perlu. Pasalnya, uang tersebut dapat kalian gunakan untuk bayar hutang.

Karena itu, kalian dapat terhindar dari beban biaya bunga pinjaman. Umumnya, uang ekstra tersebut berasal dari hadiah lotre, pengembalian pajak, bonus kerja, dan lainnya.

3. Gunakan Metode Debt Snowball 

Kalian juga bisa menggunakan metode debt snowball yakni cara melunasi hutang pinjol dengan membayar dari nominal terkecil. Saat menggunakan metode debt snowball, kalian akan mendapatkan kelebihan berupa menambah motivasi dalam melunasi hutang.

Kendati begitu, saat kalian memilih metode debt snowball, kalian akan merasa kesulitan saat membayar utang yang besar. Lantaran bunganya semakin tinggi.

4. Jual Aset Bila Perlu 

Agar mendapatkan uang dengan cepat untuk melunasi hutang, kalian juga bisa menjual aset jika perlu. Namun, pastikan untuk memikirkan nilainya lebih dulu. Selain itu, kalian juga mesti memilih aset yang lekas bisa terjual. Jadi, hutang pinjol bisa lekas lunas.

BACA JUGA:7 Tips Ampuh Agar Bebas dari Jeratan Pinjol Ilegal, Apakah Boleh di Galbay?

5. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran 

Tips keluar dari jeratan pinjol yang menumpuk yang terakhir yaitu dengan menganalisis pendapatan dan pengeluaran. Kalian bisa membuat perencanaan pendapatan dan pengeluaran. Lalu, tetapkan strategi yang tepat. Jadi, hutang kalian akan lunas.

Agar perencanaan lebih mudah, kalian bisa mencoba menggunakan tools atau kalkulator keuangan pribadi online. Analisis pun bisa lebih tepat sasaran.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips keluar dari jeratan pinjol yang menumpuk yang perlu kalian ketahui agar bebas dari jeratan utang pinjaman online yang berkepanjangan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: