10 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat

10 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat

tips melunasi utang pinjol dengan cepat --foto dream.co.id

DISWAY JATENG.ID - Tips melunasi utang pinjol dengan cepat dapat menjadi langkah terbaik supaya bisa lepas dari kejaran DC. Pinjaman online atau pinjol kini marak digunakan oleh berbagai kalangan sebagai alternatif untuk mendapatkan dana cepat. 

Meski begitu, saat memutuskan mengajukan pinjaman online, kalian juga harus memahami tips melunasi utang pinjol dengan cepat agar tidak terlilit utang yang semakin membengkak, sehingga kesulitan untuk membayar tagihannya. 

Nasabah pinjaman online perlu mengetahui tips melunasi utang pinjol dengan cepat dan efektif. Tidak hanya strategi finansial saja, bersabar dan berkomitmen menjadi salah satu kunci untuk mengatasi masalah finansial. 

Lantas, bagaimana cara aman yang dapat dilakukan supaya bebas dari jeratan beban pinjol? Berikut ada beberapa tips melunasi utang pinjol dengan cepat yang dapat kalian lakukan dengan mudah. 

BACA JUGA:8 Cara Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat, Solusi Bebas dari Teror dan Kejaran DC

Melansir dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada awal Januari 2024, dilaporkan bahwa jumlah kredit macet atau wanprestasi lebih dari 90 hari pada fintech peer to peer (P2P) lending atau pinjol mencapai Rp1,78 triliun dari total outstanding Rp60,4 triliun.

Nilai tersebut meningkat 27% dibandingkan dengan tingkat gagal bayar (galbay) pada periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat sebesar Rp1,4 triliun.

Tips Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat 

1. Komunikasi dengan Pemberi Pinjaman

Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan pemberi pinjaman jika mengalami kesulitan membayar. Beberapa penyedia pinjaman mungkin bersedia menawarkan opsi restrukturisasi atau penundaan pembayaran sementara.

BACA JUGA:9 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat, Solusi Bebas dari Lilitan Utang

2. Hindari Refinancing

Refinancing merupakan metode melunasi pinjaman dengan meminjam dari tempat lain yang bisa membuat kalian semakin terjebak dalam utang. Refinancing hanya menimbulkan masalah baru.

3. Gunakan Metode Debt Snowball

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: