Dosen Poltek Harber Tegal Tingkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Outseal Studio

Dosen Poltek Harber Tegal Tingkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Outseal Studio

MENGIKUTI - Sebanyak 20 orang yang merupakan program PKM mengikuti pelatihan Outseal Studio.Foto: Meiwan Dani R/jateg.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Untuk peningkatan kompetensi bidang teknologi bagi para guru di wilayah Brebes,Tegal, Pemalang. Dosen Program Studi D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal mengadakan  pelatihan Outseal Studio. pelatihan itu diikuti 20 orang yang merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

Dengan tujuan meningkatkan kompetensi Outseal Studio sebagai upaya untuk optimalisasi kualitas pembelajaran dan keterampilan siswa. Pelatihan dimulai dari menginstall aplikasi hingga implementasi hasil menggunakan simulasi perangkat listrik.

BACA JUGA:Bupati Pemalang: Atasi Sampah, Perlu Strategi yang Tepat

Ketua PKM Arfan Haqiqi menyampaikan, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari PKM semester sebelumnya, dimana pada pelaksanaan sebelumnya. Peserta PKM Outseal Studio adalah siswa jurusan teknik listrik dari SMK Muhammadiyah Kota Tegal.

Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan tentang pemrograman visual PLC. Dengan menggunakan diagram tangga dapat menjadi referensi dalam mensetting perangkat listrik/ hardware dengan lebih mudah menggunakan visual.

BACA JUGA:ASN Pemkab Pemalang Harus Miliki Jiwa Sosial yang Tinggi

"Sehingga tidak terlalu banyak pengetikan script program," jelas Arfan.

Pemateri Miftakhul Huda menjelaskan, Outseal Studio merupakan pelatihan yang relevan untuk guru-guru SMK, terutama guru jurusan Teknik Listrik atau RPL (RekayasaPerangkat Lunak). Karena merupakan sebuah program komputer buatan anak bangsa Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk memprogram Outseal PLC secara visual menggunakan diagram tangga.

BACA JUGA:32 Klub Ikuti Sepakbola Bupati Pemalang Cup

Pertama, adalah tahapan instalasi aplikasi outseal studio yang dilanjutkan dengan pretest. Selanjutnya pemaparan editor outseal studio dan penjelasan menu-menu yang akan digunakan. Setelah itu diberikan studi kasus untuk pembuatan program menggunakan diagram tangga untuk penyelesaian pada alat peraga.

"Yang dapat dikontrol dan dikendalikans ecara program menggunakan diagram tangga," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: