Disdikbud Kota Tegal Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya

Disdikbud Kota Tegal Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya

MEMBUKA - Plh Kepala Disdikbud Dewi Umaroh membuka langsung lomba karya ilmiah cagar budaya tingkat Kota Tegal.Foto:Meiwan Dani R/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengelar lomba karya ilmiah cagar budaya tingkat Kota Tegal, kegiatan itu dibuka langsung Plh Kepala Disdikbud Dewi Umaroh di Ruang Pertemuan lantai 2 Disdikbud. Adanya lomba Karya Tulis ilmiah Cagar Budaya Kota Tegal Tahun 2024 diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan generasi milenial akan budaya dan identitas bangsa.

“Generasi muda penting dalam pelestarian cagar budaya sebagai bagian dari kemajuan kebudayaan. Generasi emas ini memiliki ide dan inovasi untuk menjadikan cagar budaya sebagai trend, memperkenalkan cagar budaya ke dunia luar, mengisi bidang akademik yang berkaitan dengan cagar budaya," ujarnya.

BACA JUGA:JNE Terima Penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta

Dewi mengungkapkan saat ini Pemerintah Kota Tegal melalui Disdikbud terus berkomitmen dalam upaya pelestarian cagar budaya maupun objek yang diduga cagar budaya di Kota Tegal. 

“Salah satu upaya tersebut dengan melaksanakan lomba penulisan karya tulis ilmiah tentang cagar budaya bagi generasi muda dalam hal ini siswa-siswi SMP, MTS dan SMA, SMK, MA se-Kota Tegal," terangnya.

BACA JUGA:Jembatan Sidamulya Sempit dan Butuh Pelebaran, DPRD Kabupaten Tegal Bilang Begini

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Sulistiyo Rini dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk memperluas akses angka melek budaya terutama pada siswa-siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA terhadap pelestarian cagar budaya di Kota Tegal. Juga untuk memperkaya kajian tentang cagar budaya dari perspektif generasi muda dan untuk mewujudkan ekosistem Pendidikan berkebudayaan sebagai bagian Pendidikan karakter pada satuan Pendidikan.

“Untuk peserta berjumlah 38 siswa dengan rincian 25 siswa dari jenjang SMP/MTs dan 13 siswa untuk jenjang SMA/SMK/MA,"terangnya.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Tegal Terima Kunjungan Kerja dari Purbalingga

Salah satu peserta, Raimond PE menyampaikan motivasi mengikuti kegitatan ini salah satunya adalah ikut andil dalam upaya melestarikan bangunan cagar budaya di Kota Tegal terutama bangunan Gedung SCS.

“Saya berharap Gedung SCS agar bisa dioptimalkan penuh, dan bisa menjadi Ikon di Kota Tegal. Semisal dengan menambah diorama-diorama seperti di tempat dan bangunan sejarah di Kota yang lain," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: