Bagaimana Tips Melunasi Utang dengan Cepat? Lakukan 8 Solusi Ini agar Finansial Lebih Sehat

Bagaimana Tips Melunasi Utang dengan Cepat? Lakukan 8 Solusi Ini agar Finansial Lebih Sehat

tips melunasi utang dengan cepat --foto youtobe

Menurut Wells Fargo, utang yang paling besar biasanya memiliki bunga yang besar pula. Dengan melunasinya lebih dulu, kalian bisa mengurangi keseluruhan utang yang harus dibayar secara signifikan.

4. Lakukan Konsolidasi Utang

Konsolidasi utang merupakan penggabungan seluruh utang menjadi satu dengan bunga yang lebih rendah. Nantinya, kalian akan melakukan pelunasan utang tersebut bukan melalui bank, melainkan perusahaan multifinance atau peer to peer lending.

Metode ini lumrah digunakan bagi kalian para pemegang kartu kredit. Upaya ini bisa dilakukan baik menggunakan jaminan maupun tidak. Dengan membayar berbagai utang ke sejumlah kreditur bisa sangat merepotkan. Jadi, konsolidasi utang ini bisa membantu menghemat waktu.

BACA JUGA:Terjebak Jeratan Utang? Begini 8 Cara Melunasi Utang Pinjol dengan Tepat

5. Cicil Lebih dari Minimum Pembayaran

Tips melunasi utang dengan cepat berikutnya yaitu cicil lebih dari minimum pembayaran, cara yang satu ini bisa bekerja secara efektif.

6. Mulai dari Utang yang Paling Kecil

Strategi yang banyak dikenal sebagai debt snowball ini dinilai sebagai salah satu tips melunasi utang dengan cepat. Dalam strategi debt snowball, kalian perlu melakukan pembayaran dari utang yang paling sedikit terlebih dahulu.

7. Evaluasi Total Pengeluaran dan Penghasilan

Dilansir dari Investopedia, ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi beban dan merubah kebiasaan berutang. Coba hitung kembali total pengeluaran dan penghasilan dalam satu bulan.

BACA JUGA:Terjerat Utang Pinjol? Begini 9 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk agar Cepat Lunas

8. Negosiasi Ulang dengan Kreditur

tips melunasi utang dengan cepat selanjutnya yaitu dengan negosiasi ulang ketentuan pembayaran yang masih memberatkan, seperti besaran bunga.

Apabila peminjam merupakan orang terdekat, kalian bisa langsung ajak mereka negosiasi dengan cara yang sopan dan komunikatif. Akan tetapi, apabila berurusan dengan lembaga yang lebih besar, kalian mungkin perlu bantuan dari perusahaan debt settlement. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: