8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Bebas dari Jeratan Pinjol

8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Bebas dari Jeratan Pinjol

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk --foto personal finance

Kalian bisa mencoba untuk membayar utang pinjol dengan tingkat bunga rendah melalui dua opsi, yaitu bernegosiasi dengan pihak yang memberi pinjaman atau menggunakan sistem pembayaran otomatis melalui kartu kredit.

Beberapa pemberi pinjaman menyediakan opsi untuk melunasi utang pinjol dengan cepat dengan biaya tambahan yang lebih rendah. Jika opsi tersebut sesuai dengan situasi keuangan kalian, pertimbangkan untuk memanfaatkannya.

5. Gunakan Uang Ekstra untuk Membayar Utang

Jika kalian mendapatkan uang tambahan, hindari menggunakannya untuk hal-hal yang tidak perlu. Uang tambahan tersebut sebaiknya digunakan untuk melunasi utang pinjol.

Dengan cara ini, kalian juga bisa menghindari biaya bunga yang bertambah dari pinjaman. Uang tambahan bisa berupa hadiah lotre, pengembalian pajak, hadiah ulang tahun, warisan, tunjangan hari raya, bonus kerja, dan sumber dana tambahan lainnya.

6. Berhenti Utang Baru

Setelah menyadari utang semakin bertambah, penting untuk tidak menambah utang baru. Sebagai contoh, segera jauhkan kartu kredit dan hindari mengajukan pinjol lagi. Dengan begitu, kalian bisa fokus untuk mengatur pembayaran utang yang perlu segera dilunasi.

Hindari gali lubang tutup lubang. Memang, utang yang sudah menumpuk bisa membuat kalian merasa tertekan saat ini. Namun, tidaklah benar jika kalian memutuskan untuk meminjam uang lagi hanya untuk melunasi utang yang ada. Tindakan ini hanya akan memperburuk keadaan keuangan kalian.

BACA JUGA:Terlilit Tagihan yang Menumpuk, Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga

7. Kurangi Pengeluaran

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk berikutnya yaitu kurangi pengeluaran, penting untuk mengendalikan pengeluaran kalian. Artinya, cobalah mengurangi pengeluaran yang tidak penting, seperti berlangganan layanan streaming, memesan makanan online, atau pengeluaran konsumtif lainnya.

8. Take Over Kredit

Take over kredit berarti menjual kembali barang tersebut, meskipun masih dalam proses cicilan. Dengan cara ini, kalian dapat menghilangkan utang dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan dari penjualan tersebut. 

Itulah beberapa informasi seputar cara melunasi utang pinjol yang menumpuk yang bisa kalian lakukan agar bebas dari jeratan utang pinjol yang berkepanjangan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: