4 Tips Melindungi Data Pribadi Disebar Oleh Pinjol, Nasabah Galbay Wajib tau

4 Tips Melindungi Data Pribadi Disebar Oleh Pinjol, Nasabah Galbay Wajib tau

Tips melindungi data pribadi disebar oleh pinjol--

BACA JUGA:Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay

Setelah Anda melunasi utang, lakukan penghapusan data di aplikasi tersebut. Selain itu, minta bukti bahwa data benar-benar sudah dihapus permanen di sistem pinjol.

3. Hapus Akses Perizinanan Aplikasi Pinjol

Tips melindungi data pribadi disebar oleh pinjol berikutnya, yakni menghapus semua perizinan aplikasi di pinjol. Pasalnya pada saat mengajukan pinjaman pastikanya penyedia pinjaman akan meminta akses data yang ada di ponsel Anda.

Karena itu, pastikan Anda memperbarui semua perangkat lunak dan segera batasi akses perizinan tersebut. Dengan ini, ponsel Anda tidak bisa dilacak atau disadap oleh pihak pinjol ilegal.

4. Laporkan Jika Sudah Melanggar Aturan

Penyebaran data pribadi merupakan tindakan diluar aturan dan bisa dijerat hukuman. Karena itu, Anda bisa membuat pengaduan ke lembaga yang berwenang seperti OJK, kominfo, atau polisi.

Pengaduan di OJK sudah disediakan fasilitan pengaduan yang mudah untuk diakses. Anda bisa melaporkan penyebaran data di pengaduan tersebut lewan online saja.

Untuk melaporkan penyebaran data memerlukan bukti pendukung. Jika sudah ada bukti maka segera buat laporan supaya data pribadi Anda aman dari oknum-oknum pinjol ilegal.

Dengan melakukan empat cara di atas nasabah bisa bebas dari teror pinjol ilegal. Demikian ulasan tentang tips melindungi data pribadi disebar oleh pinjol ilegal paling aman dan efektif untuk dicoba. Semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang bermasalah dengan finansial. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: