Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay

Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay

Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay-tangkapan layar Sedulure Dewe-

DISWAY JATENG - Begini cara cegah DC pinjol sebar data pribadi di media sosial. Khusus kamu kaum galbay mari merapat! Karena tips ini akan sangat berguna untuk kamu nasabah galbay, dan ikuti langkahnya dengan benar.

Bagi pengguna pinjol, galbay sudah jadi masalah umum di kalangan para nasabahnya. Masalah ini juga akan menimbulkan risiko. Salah satu risiko tersebut adalah DC akan melakukan sebar data di Media sosial. Lantas, bagaimana cara cegah DC pinjol sebar data di medsos?

Data ini diambil saat seseorang mengajukan pinjaman online. Mungkin untuk pengguna pinjol legal masih aman dari penyebaran data, dan risiko DC pinjol sebar data pribadi masih minim. Biasanya kasus ini terjadi pada pengguna pinjol ilegal.

Maraknya kasus DC pinjol sebar data pribadi di somed menjadi momok yang menakutkan. Tak jarang, foto, identitas, bahkan kontak keluarga ikut disebar untuk mempermalukan nasabahnya. Hal ini bertujuan untuk menekan nasabah agar melunasi utang.

BACA JUGA:4 Cara Hindari Lilitan Utang Pinjol, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

Media sosial yang biasa digunakan untuk menyebar data pribadi nasabah diantaranya adalah Instagram, Facebook, Tik-tok, dan LinkedIn. Jika kamu terlanjur galbay dan khawatir data pribadi akan disebar, berikut cara ampuh untuk cegah DC pinjol sebar data di medsos.

1. Mengubah Nama Kontak

Kamu dapat mengubah daftar nama kontak asli dengan nama palsu. Selain itu, kamu juga harus mengubah nomor ponsel pada setiap kontak. Kamu dapat merubah angka pada baris belakang atau tengah. Pastikan untuk membackup daftar kontak asli terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Tujuan merubah nama kontak adalah agar pihak DC pinjol tidak bisa melacak daftar kontak pengguna.

2. Mengganti Nomor Ponsel

Jika DC pinjol meneror dengan melakukan panggilan telepon dan pesan ancaman berulang kali, kamu bisa mengganti nomor ponsel dengan nomor yang baru. Agar pihak pinjol tidak curiga, gunakan dual whatsapp supaya nomor HP tetap terlihat aktif.

3. Menghentikan Izin Aplikasi

Saat kamu menginstal aplikasi pinjol, pastinya ada perizinan aplikasi yang dapat mengakses kontak ponsel, atau aplikasi lainnya. Untuk menghentikan ini, kamu bisa menemukannya di pengaturan telepon. 

Buka pengaturan pada ponsel, cari menu privasi atau izin aplikasi, kemudian cari aplikasi pinjol dan hentikan semua perizinan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: