Tingkatkan Daya Saing Produk, Adakan Pelatihan Kemasan

Tingkatkan Daya Saing Produk, Adakan Pelatihan Kemasan

DUKUNGAN - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal membuka pelatihan kemasan di Guci.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Langkah meningkatkan daya saing produk UMKM dilakukan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal melalui pelatihan kemasan. Kegiatan kali ini turut dihadiri Rumah kemasan Bandung dan fasilitator mandatori halal.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Kabupaten Tegal Rudy Imam Kurnianto  menyatakan, sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah  memperbarui kemasan yang lebih layak bagi pelaku usaha daerah penunjang pariwisata. 

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Pemasaran Digital

"Total peserta pelatihan sebanyak 90 orang dari berbagai jenis produk, seperti manisan, makanan dan kue, kopi, tembakau, hingga dodol sirsak," ujarnya, Selasa (2/7/2024).

Dalam kesempatan ini juga dilakukan langkah kemitraan yang bertujuan untuk meningkatkan pemasaran bagi pelaku usaha dengan memberi kesempatan pelaku usaha dan menyuplai produk melalui pasar modern. 

BACA JUGA:Keren, DPRD Kota Tegal Teruskan Tuntutan Nelayan ke DPR RI

Adapun output dari kegiatan ini, diharapkan  peserta memahami peran kemasan terhadap peningkatan daya saing prroduk. Serta memahami aspek-aspek dalam kemasan dan hal-hal yang tercantum dalam kemasan.

Diharapkan pula, peserta memahami pentingnya branding, merk dan logo sekaligus mengetahui mesin-mesin  pengemasan dan pembuat kemasan. Berikut mampu membuat kemasan hanya dengan menggunakan mesin yang sederhana dan meningkatkan  pemasaran ke  pasar modern melalui kemitraan. 

BACA JUGA:Pemilik Kapal di Kota Tegal Mulai Bertumbangan, Apa Penyebabnya?

"Kami berharap peserta dapat memahami dan menerapkan pengetahuan yang diterima. Serta dapat memanfaatkan kesempatan ini dalam mengembangkan usahanya," tegasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: