Bantuan Provinsi Jateng Akomodir Rehab 235 Unit RTH di Kabupaten Tegal

Bantuan Provinsi Jateng Akomodir Rehab 235 Unit RTH di Kabupaten Tegal

JELASKAN - Plt Sekretaris Dinas Perkim Kabupaten Tegal merangkap Kabid Kawasan Permukiman menjelaskan gelontoran banrpov untuk program RTLH.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id --

DISWAYJATENG, SLAWI - Anggaran bantuan  Provinsi Jawa Tengah untuk peningkatan  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) akhirnya disalurkan atau ditransfer ke  Rekening Kas Desa. Sesuai rencana, bantuan provinsi ini akan direalisasikan untuk peningkatkan kualitas RTLH sebanyak 235 unit rumah, dimana masing-masing KK mendapatkan nominal sekitar Rp20 juta.

Kepala Dinas Perkim Jaenal Dasmin melalui Plt Sekretaris Dinas merangkap  Kabid Kawasan Permukiman Jeruri  menyatakan, bantuan Pemprov Jawa Tengah ini akan dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)  tingkat desa. 

BACA JUGA:Viral Hidup di Rumah Plastik, Kemensos Beri Bantuan Keluarga Suhadi

Ketentuan atau kriteria penerima bantuan program rehab RTLH ini sudah tercantum dalam Peraturan Bupati Tegal Nomor 15 Tahun 2023. Antara lain, masyarakat berpenghasilan rendah atau mereka yang berpenghasilan di bawah upah minimum kabupaten. 

"Sudah berkeluarga, memiliki sebidang tanah milik pribadi, masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial dan sejumlah kriteria lainnya," ujarnya,  Jumat (28/62024).

Target program rehab RTLH tahun 2024 ini adalah 1.300 unit rumah atau masih kurang sekitar 486 unit lagi. Sehingga dia berharap target tersebut dapat ditutup dari sumber bantuan anggaran lainnya. Pemerintah Kabupaten Tegal telah berhasil merehab sebanyak 9.521 unit RTLH sepanjang tahun 2016 hingga 2023.

BACA JUGA:Kisruh Masalah Sampah, Kinerja Sekda Kabupaten Pemalang Dipertanyakan

Sementara itu, Pemkab Tegal telah mengalokasikan anggaran APBD II sebesar  Rp11,28 miliar untuk merehab 564 unit RTLH tahun 2024 ini. Jika ditambah dengan bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp5 miliar, total keseluruhan anggaran yang ada mencapai Rp16,28 miliar. Dari alokasi anggaran tersebut, sedikitnya ada 814 keluarga miskin yang akan menerima manfaat dari pelaksanaan program bantuan sosial ini.  

"Kami juga terus berupaya untuk bisa mendapatkan anggaran penuntasan RTLH di 12 desa tertinggal dari pemerintah pusat melalui  Kementerian PUPR, " ungkapnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: