Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay

Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay

Cara Cegah DC Pinjol Sebar Data di Medsos Jika Terlanjur Galbay-tangkapan layar Sedulure Dewe-

BACA JUGA:Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

4. Mengatur Privasi Media Sosial

Cara cegah DC pinjol sebar data berikutnya adalah dengan mengatur privasi media sosial. Media sosial sering menjadi incaran debt collector untuk menyebarkan data pribadi penggunanya. 

Jika kamu mendaftarkan medsos menggunakan nomor HP yang didaftarkan untuk pinjol, maka akan sangat mudah bagi DC mencari akun medsos kamu. Oleh karena itu, disarankan untuk memprivasi semua medsos kamu terutama facebook, Instagram, Tik-tok dan LinkedIn. 

Pertama, buka privasi akun facebook terlebih dahulu, karena aplikasi ini sangat rentan untuk penyebaran data pinjol. Buka aplikasi facebook, masuk kebagian profile dan Pengaturan & Privasi, Pemeriksaan Privasi, dan atur ke 5 menu yang ada didalamnya.

Ubah semua pengaturan publik menjadi lebih privat lagi. Misalnya informasi mengenai nomor telepon dan tanggal lahir diubah dari pengaturan Publik ke Hanya saya atau Teman. 

Selanjutnya adalah Instagram, yang jadi sarang penyebaran data pinjol. Untuk memprivasi aplikasi ini sangat mudah. Buka Pengaturan dan Privasi Instagram, scroll ke bawah untuk menemukan Privasi Akun, ubah ke Akun Privat.

BACA JUGA:10 Tips Pinjol Data Busuk, Ketahui Sebelum Melakukan Pengajuan

Lakukan cara yang sama untuk memprivasi akun media sosial lainnya. Dengan begini, diharapkan dapat menghindari dan mencegah DC pinjol sebar data pribadi kamu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: