Bagaimana Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data? Terapkan 9 Hal Penting Ini Dijamin Ampuh

Bagaimana Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data? Terapkan 9 Hal Penting Ini Dijamin Ampuh

cara agar pinjol tidak sebar data --foto cicilan.id

4. Menolak Akses Kontak

Pinjol hanya bisa diakses melalui HP secara online. Pinjol yang ilegal akan meretas informasi pribadi dari peminjam yang terdapat di HP sebagai senjata untuk penagihan. Untuk mencegahnya bisa melakukan pemblokiran akses kontak dan aplikasi pinjol.

5. Memahami Syarat dan Ketentuan dari Aplikasi Pinjaman

Sebelum menyetujui syarat dan ketentuan yang diajukan, sebaiknya baca dan dipahami benar-benar. Pastikan dengan baik apakah aplikasi pinjol meminta untuk mengakses data kontak atau tidak. Apabila setuju untuk mengakses data kontak, maka pihak pinjol dapat menghubungi semua kontak yang ada di HP untuk melakukan tagihan.

6. Menghindari Konten Tentang Promosi Pinjol Ilegal

Biasanya, promosi mengenai pinjol yang ilegal dilakukan melalui media sosial, terutama di Youtube. Jangan terpengaruh iming-iming dari promosi tersebut, meskipun dipromosikan oleh kreator maupun orang terkenal untuk mendapatkan target nasabah. Tidak hanya itu, selain menghindari sebisa mungkin melakukan pelaporan video agar diblokir dan dihapus.

7. Pengaturan Privasi Akun

Lakukan pengaturan privasi akun dengan tepat. Pastikan untuk mengunci akun dan melakukan pembatasan akses. Hati-hati pada saat memilih dan mengunduh aplikasi pinjol dari PlayStore maupun AppStore yang ilegal, agar tidak berisiko yang berujung penyebaran data pribadi.

BACA JUGA:6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

8. Mengetahui Informasi Tentang Aplikasi Pinjol

Sebelum memilih dan mengunduh aplikasi pinjol, sebaiknya cari tahu informasi tentang izin dari OJK maupun reputasinya terlebih dahulu. Perhatikan ulasan dari orang lain mengenai aplikasi pinjol yang tidak sebar data tersebut.

9. Melaporkan ke OJK

Apabila ada indikasi penyebaran data kontak, maka bisa melaporkan pinjol tersebut ke OJK. Umumnya yang menyebarkan data kontak yaitu pinjol tidak resmi, sehingga ketika ada laporan, aplikasi pinjol akan segera diblokir.

Untuk melaporkan pinjol ke OJK dapat melalui kontak Whatsapp di nomor 081157157157, kontak resmi OJK di nomor 157, atau email di [email protected].

Itulah beberapa informasi seputar cara agar pinjol tidak sebar data yang perlu kalian lakukan agar data tetap terlindungi dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: