Galbay Pinjol Legal Tak Hanya Berurusan dengan DC, ini Risiko Bahaya yang Perlu Diwaspadai

Galbay Pinjol Legal Tak Hanya Berurusan dengan DC, ini Risiko Bahaya yang Perlu Diwaspadai

Risiko bahaya galbay pinjol legal--

2. Dibebani Bunga Tinggi

Galbay pinjol legal dapat dikenakan bunga tinggi yang nantinya sulit untuk membayar tagihan. Jika utang tak kunjung dibayar maka peminjam akan dikenakan bunga bahkan ada dendanya.

Merujuk pada aturan besaran bunga pinjol dikenakan sebesar 0,1% per hari dari nilai pendanaan. Sedangkan pendanaan produktif, terhadap pendanaan konsumtif yang dibatasi untuk tenor jangka pendek, batas maksimal bunga pinjol dan manfaat ekonomi 0,3% per hari.

3. Berurusan dengan DC lapangan Pinjol

Jika Anda tidak melunasi utang, tentu saja akan ditagih oleh DC lapangan pinjol. Meski demikian, dalam penagihan utang harus dilakuakan dengan cara yang wajar.

BACA JUGA: DC Lapangan Pinjol Melakukan Teror? Lakukan 6 Hal ini Dijamin Bebas dari Berbagai Kerugian

Penyelenggara pinjol memang diperbolehkan menagih utang menggunakan DC lapangan. Tetapi ada syarat tertentu yaitu punya izin dari instansi yang berwenang.

Penagih utang tersertifikasi dari lembaga sertifikasi profesi yang terdaftar di OJK. Selain itu, praktik penagihan harus dilakukan dengan sesuai aturan norma berlaku di masyarakat. Jika melanggar maka bisa dikenakan pidana.

Tips sebelum mengajukan pinjol supaya aman dari galbay

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda menggunakan pinjaman legal terdaftar OJK. Jika nekat menggunakan pinjaman ilega maka bisa mengakibatkan risiko lebih merugikan.

BACA JUGA: Kapan DC Lapangan Pinjol Dilarang Menagih Utang/ Cek Jawabannya di Sini

Pengguna pinjol ilegal dan berakhir galbay, dapat menyebabkan kerugian. Salah satunya, yakni data pribadi nasabah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya pinjol ilegal juga menggunakan cara-cara yang tak manusiawi perihal penagihan pinjaman. Contohnya seperti ancaman, mengintimidasi, memeras, hingga melakukan kekerasan fisik.

Demikian penjelasan tentang bahayanya galbay pinjol legal yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: