Ikuti 10 Tips Membeli HP di Marketplace ini Agar Tidak Tertipu Penjual Nakal

Ikuti 10 Tips Membeli HP di Marketplace ini Agar Tidak Tertipu Penjual Nakal

Tips membeli hp di marketplace-IDN Times-

DISWAY JATENG - Zaman sudah berubah, belanja kebutuhan rumahan seperti HP kini bisa kamu lakukan tanpa harus ke toko fisik. Cukup duduk manis di rumah, genggam ponsel pintar lalu borong barang impian via toko online. Berikut ini ada beberapa tips membeli HP di Marketplace.

Sayangnya, kemudahan berbelanja online juga mengundang aksi nakal oknum penjual yang suka menipu. Dengan tips membeli HP di Marketplace ini, kamu akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Tips membeli HP di Marketplace ini akan memberikan kamu beberapa pertimbangan sebelum membeli HP secara Online. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan HP sesuai ekspektasi kamu.

Agar pengalaman belanjamu menyenangkan, simak tips membeli HP di Marketplace di bawah ini. Simak terus ulasannya sampai selesai:

BACA JUGA: Bingung Mencari HP untuk Bisnis? 10 Tips Memilih HP untuk Jualan Online ini Bakal Membantu Kamu

Tips membeli hp di marketplace

1. Kenali Kredibilitas Penjual

Tips membeli HP di Marketplace pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali kredibilitas dan reputasi penjual sebelum membeli produk apapun. Pastikan toko online yang kamu tuju benar-benar terpercaya dan bukan penipu.

Cara mudahnya, kamu bisa membaca review atau testimoni dari konsumen sebelumnya. Hindari toko online yang cuma menampilkan bintang 5 terus, bisa jadi itu cuma akal-akalan.

Selain itu, juga perlu diperhatikan lokasi dan keberadaan toko fisik sang penjual. Hal ini penting untuk memudahkan proses klaim garansi jika sewaktu-waktu ada masalah dengan produk.

BACA JUGA: Ini Dia 6 Tips Mengatasi Lupa Password HP Semua Merek yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

2. Tak Perlu Ragu Bertanya

Salah satu kelebihan berbelanja di marketplace adalah kamu bisa leluasa bertanya pada penjual melalui fitur chat, diskusi, dan sejenisnya. Jangan ragu untuk menggali informasi selengkap mungkin.

Tanyakan mulai dari kondisi barang, legalitas produk, ketersediaan stok, hingga kebijakan pengiriman dan garansi. Dengan begitu kamu tidak akan tertipu oleh deskripsi barang yang menyesatkan.

3. Bandingkan Spesifikasi dan Harga

Membeli HP secara online akan jauh lebih mudah dalam membandingkan spesifikasi dan harga di berbagai toko sekaligus. Manfaatkan kemudahan ini untuk mendapatkan produk idaman dengan penawaran termurah.

Kamu juga bisa melihat katalog produk lengkap beserta reviewnya di situs pembanding harga online seperti Pricebook. Sehingga bisa memilih produk terbaik dan termurah yang sesuai kebutuhan dan kantong.

BACA JUGA: Ini Dia 6 Tips Membeli Hp Murah Berkualitas, Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Tidak Rugi

4. Belanja via Aplikasi Resmi

Kemudian tips membeli HP di Marketplace selanjutnya, Untuk hasil maksimal, kamu juga disarankan berbelanja melalui aplikasi resmi marketplace favoritmu. Sebab beberapa penjual kerap memberikan penawaran harga khusus bagi pelanggan aplikasi.

Bahkan ada yang menawarkan promo kode voucher eksklusif yang hanya berlaku di aplikasi mobile. Tak heran jika harga di sana lebih murah daripada via desktop.

5. Perhatikan Ketersediaan Stok

Hal tak kalah penting untuk diperhatikan adalah ketersediaan stok barang. Pastikan produk HP yang kamu incar benar-benar tersedia untuk mencegah penipuan dengan aksi Pre-Order panjang.

Kamu bisa mengecek jumlah stok langsung di halaman produk atau menanyakannya melalui kolom diskusi. Jika barang sedang tidak tersedia, perhatikan juga estimasi waktu pengirimannya.

BACA JUGA: Ini Dia Tips Membeli HP Samsung Bekas, Cek 4 Bagian ini Agar Tidak Rugi

6. Pastikan Kelengkapan Produk

Sebelum meng-klik tombol pesan, pastikan terlebih dahulu kelengkapan barang yang akan kamu terima sesuai deskripsi. Misalnya untuk produk baru, harus ada buku panduan, kabel data, casing dan lain-lain.

Untuk produk bekas atau second, biasanya meliputi unit handset, charger, boks dan kelengkapan lain sesuai keterangan penjual. Tanyakan jika ragu agar tidak tertipu dengan barang tidak lengkap.

7. Cermati Deskripsi Produk

Detail deskripsi produk juga harus kamu cermati secara saksama sebelum membeli. Perhatikan spesifikasi seperti memori RAM, kapasitas baterai, fitur kamera, varian warna dan garansi yang diberikan.

Jangan segan untuk kembali menanyakan hal yang kurang jelas. Sebab dari situ kamu akan tahu apakah barang yang dijual sesuai dengan deskripsi atau hanya iming-iming belaka.

BACA JUGA: Tips & Trik Membeli HP Murah yang Awet dan Berkualitas, Jangan Terjebak Cashback dan Diskon

8. Manfaatkan Voucher dan Promo

Berbelanja HP di marketplace kini tak ubahnya berburu diskon dan promo yang menggiurkan. Untuk menekan pengeluaran, manfaatkan segala voucher belanja, promo cashback atau kode unik untuk potongan baik dari situs maupun aplikasi toko online.

Kamu juga bisa menyicil kebutuhan HP idaman via cicilan kredit online yang banyak ditawarkan marketplace. Sistem ini sangat membantu mengamankan pengeluaran bulanan.

9. Pilih Pembayaran Favoritmu 

Keuntungan lain berbelanja online adalah tersedianya beragam metode pembayaran sesuai preferensi masing-masing. Ada transfer bank, dompet digital, kartu kredit hingga bayar di tempat alias COD.

Untuk belanja aman, pilihlah metode pembayaran yang paling kamu kuasai agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan. Sistem pembayaran COD misalnya, lebih meminimalisir risiko penipuan.

BACA JUGA: 7 Tips Membeli HP Samsung yang Sesuai Kebutuhan Kamu, Cek Sekarang Sebelum Menyesal!

10. Pastikan Keamanan Pengiriman

Tips membeli HP di Marketplace yang terakhir untuk diperhatikan adalah jalur dan metode pengiriman yang aman sampai ke tangan kamu. Pilihlah ekspedisi terpercaya dengan jalur terlacak secara digital.

Tak ada salahnya juga menambah perlindungan dengan asuransi pengiriman jika barang yang dibeli memang sangat berharga. Tujuannya agar barang aman sampai tujuan dalam kondisi utuh.

Nah, itulah panduan lengkap tips membeli HP di Marketplace. Dengan menerapkan tips-tips di atas, semoga proses belanjamu bisa lebih aman, nyaman dan terbebas dari kasus penipuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: