Ini Dia 6 Tips Membeli Hp Murah Berkualitas, Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Tidak Rugi

Ini Dia 6 Tips Membeli Hp Murah Berkualitas, Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Tidak Rugi

Tips membeli hp murah berkualitas-Alinea.id-

DISWAYJATENG - Memiliki HP tak lagi jadi barang mewah. Bahkan untuk kalangan berpenghasilan terbatas pun, yang terpenting kamu tahu tips membeli HP murah berkualitas.

Tips membeli HP murah berkualitas ini perlu kamu ketahui agar kamu tidak keliru saat akan membeli HP yang murah. Meski harganya murah, belum tentu kualitasnya baik.

Banyak vendor nakal yang menjual produk abal-abal dengan harga yang digelembungkan. Kamu bisa tertipu jika tak cermat dalam memilih. Dengan tips membeli HP murah berkualitas ini, kamu tidak akan tertipu oleh penjual nakal

Jangan sampai terjebak beli HP murah tapi murahan kualitasnya. Agar uang kamu tidak terbuang sia-sia, simak tips membeli HP murah berkualitas di bawah ini:

BACA JUGA:Berikut 6 Trik Rahasia HP Android yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

 

1. Pilih Kelas Menengah untuk Kualitas Terjamin

Tips membeli HP murah berkualitas yang pertama, untuk menjamin kualitas dan daya tahan jangka panjang, lebih baik memilih HP kelas menengah atau mid-range. Di rentang harga Rp2-3 jutaan, spesifikasinya pasti jauh lebih baik ketimbang kelas entry level yang cuma sejutaan rupiah.

Pilihan mid-range juga lebih bervariasi dari berbagai merk ternama. Jadi kamu punya banyak opsi untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Meski begitu, jika memang keadaan tak memungkinkan, beli saja HP murah tapi pastikan kamu sudah mengetahui spesifikasi dan kualitasnya.

2. Perhatikan Jenis Chipset

Kedua, perhatikan chipset atau prosesor yang digunakan. Di pasaran, umumnya tersedia dua jenis chipset populer, yakni Snapdragon dari Qualcomm atau MediaTek.

Untuk Snapdragon, disarankan memilih seri 7 seperti 720 atau 712. Kamu juga bisa memilih seri 6 seperti 685, 695 atau 680 jika budgetnya tak mencukupi. 

Sedangkan untuk MediaTek, disarankan Helio G85, G90T, G95 atau G99. Hindari membeli HP dengan chipset kelas rendah, sebab kinerjanya kurang maksimal.

BACA JUGA:Kembali seperti Baru, 6 Tips Ini Bisa Mengatasi HP Android Lemot dan Kurang Responsif Jadi Gahar Lagi

3. Sesuaikan Kapasitas RAM

Tips membeli HP murah berkualitas selanjutnya adalah saat memilih RAM atau memori akses cepat. HP mid-range kini umumnya berkapasitas 3GB, 4GB bahkan 6GB hingga 8GB. Semakin besar kapasitas RAM, semakin baik pula performa multitaskingnya.

Namun sekali lagi, kapasitas RAM harus disesuaikan dengan kemampuan chipsetnya. Untuk mendapat performa prima, belilah HP dengan RAM yang sepadan atau lebih tinggi dari kemampuan chipsetnya. 

BACA JUGA:7 Trik Rahasia HP Android yang Jarang Diketahui Orang

4. Pertimbangkan Ukuran Layar

Keempat, pertimbangkan pula ukuran layarnya. Saat ini, kebanyakan vendor memproduksi HP layar besar 6 inci ke atas. Layar sebesar ini memang menggoda untuk aktivitas menonton video atau gaming.

Tapi bagi kamu yang tidak terlalu "butuh" layar besar, pilihan layar 5 inci masih tersedia meski tak banyak. Selain ukuran, perhatikan pula resolusi layarnya. Pilihlah yang sudah full HD 1080p agar tampilan lebih jernih dan menyegar di mata.

5. Prioritaskan Kualitas Kamera

Kelima, jangan lupa memprioritaskan kualitas jeroannya alias kemampuan kamera. Di rentang harga Rp2-3 jutaan, kualitas hasil jepretan HP saat ini sudah cukup memadai. Bahkan ada yang sudah mendukung kamera utama 108MP! 

Lebih baik lagi jika dukung fitur stabilisasi optik atau OIS dan resolusi video 4K. Dengan fitur ini, foto dan video yang dihasilkan akan semakin jernih dan stabil meski diambil dalam kondisi bergerak.

6. Desain dan Bahan Baku Terbaik

Tips membeli HP murah berkualitas yang terakhir, pertimbangkan pula desain dan bahan bakunya. Tren saat ini memang mengarah ke desain tanpa bezel alias bezelless atau pun waterdrop notch. Modul kamera juga tengah bergaya besar dengan ukuran lensa jempol.

Tapi kamu tak perlu tergoda tren ini kalau memang tak begitu butuh. Lebih utamakan bahan baku kokoh dan ramah gengaman seperti aluminium atau polycarbonate. Jangan cuma cantik rupawan tapi garapannya murahan. 

Nah, itulah panduan lengkap mengenai tips membeli HP murah berkualitas. Semoga kamu tidak tertipu dengan produk abal-abal dan investasi kamu tak terbuang sia-sia. Selamat berburu HP idaman(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: