Ini Dia Tips Membeli HP Samsung Bekas, Cek 4 Bagian ini Agar Tidak Rugi

Ini Dia Tips Membeli HP Samsung Bekas, Cek 4 Bagian ini Agar Tidak Rugi

Tips membeli HP samsung bekas-Tekno Kompas-

DISWAYJATENG - Tips membeli HP Samsung bekas adalah hal yang harus diperhatikan jika kamu akan bertransaksi HP seken. Hal ini bisa mengantisipasi kamu terhadap penjual HP yang curang.

Membeli HP bekas adalah solusi yang bijak jika kamu ingin mengganti HP lama kamu tetapi tidak memiliki uang yang cukup. Agar mendapatkan HP dengan kondisi baik, tips membeli HP Samsung bekas ini bisa jadi acuan kamu saat mengecek kondisi HP tersebut.

Nah, agar kamu mendapatkan HP Samsung dengan kondisi yang sangat baik meski bekas, beberapa tips membeli HP Samsung bekas ini bisa sangat membantu kamu saat pengecekan HP.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tips membeli HP Samsung bekas agar kamu tidak rugi. Simak artikel lengkapnya di bawah ini.

1. Pengecekan Fisik

a. Pemeriksaan Bodi

Langkah pertama pada tips membeli HP Samsung bekas adalah melihat kondisi fisik perangkat. Periksa bodi HP dengan seksama untuk melihat ada atau tidaknya kerusakan seperti goresan, penyok, atau retakan. Keutuhan bodi sangat penting untuk menjamin performa dan keawetan HP.

BACA JUGA:7 Jenis HP Vivo 2 Jutaan Terbaik 2024, Dilengkapi Kamera Utama 50 Megapiksel

b. Pemeriksaan Lensa Kamera

Lensa kamera adalah komponen yang rawan mengalami kerusakan pada HP. Periksa lensa kamera belakang dan depan dengan teliti untuk memastikan tidak ada goresan atau kerusakan lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas foto dan video.

c. Pemeriksaan Bezel

Bezel, atau bingkai layar HP, juga harus diperiksa dengan baik. Perhatikan apakah terdapat kerusakan seperti goresan atau penyok yang dapat mengganggu penampilan dan kinerja HP secara keseluruhan.

2. Penggunaan Kode Diagnostik

BACA JUGA:Teknologi Canggih Hp Keluaran Terbaik Yang Siap Gebrakan Pasar Indonesia

a. Membuka Opsi Diagnostik

Tips membeli HP Samsung bekas yang ke 2 adalah menggunakan kode diagnostik *#0*#. Ketik kode ini pada dial pad HP untuk membuka opsi diagnostik yang mencakup berbagai pemeriksaan penting.

b. Pengecekan Layar

Opsi diagnostik memungkinkan Anda untuk memeriksa kualitas layar HP. Lakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada piksel mati, garis vertikal atau horizontal, atau masalah lainnya yang dapat mengganggu tampilan visual.

c. Pengecekan Touchscreen

Fungsi touchscreen juga dapat diperiksa melalui opsi diagnostik. Ikuti instruksi yang diberikan untuk memastikan touchscreen merespons dengan baik dan akurat saat disentuh di berbagai area layar.

3. Pemeriksaan Lainnya

Opsi diagnostik juga mencakup pengecekan receiver, sensor, fingerprint, getar, tombol, dan warna layar. Pastikan untuk memeriksa semuanya dengan seksama untuk memastikan HP bekas dalam kondisi baik.

BACA JUGA:Kualitas Dan Spesifikasi Memukau Lumia Max, Hp Keluaran Terbaik Fitur Super Canggih

4.  Penggunaan Aplikasi Samsung Member

a. Membuka Aplikasi Samsung Member

Salah satu cara lain untuk memeriksa HP Samsung bekas adalah dengan menggunakan aplikasi Samsung Member. Aplikasi ini menyediakan alat diagnostik yang lebih detail dan user-friendly.

b. Tes Tombol dan Flashlight

Aplikasi Samsung Member memungkinkan Anda untuk menguji tombol fisik HP, seperti tombol daya, volume, dan Bixby. Anda juga dapat memeriksa fungsi flashlight untuk memastikan LED bekerja dengan baik.

c. Tes Kamera

Untuk memeriksa kamera, Samsung Member menyediakan fitur untuk mengambil foto dan merekam video menggunakan berbagai lensa. Pastikan hasil jepretan dan rekaman terlihat jernih dan tajam.

d. Tes Microphone dan Speaker

Microphone dan speaker juga dapat diuji melalui aplikasi ini. Gunakan fitur loopback untuk memastikan microphone dapat menangkap suara dengan baik, sementara speaker harus menghasilkan suara yang jernih tanpa suara pecah.

e. Tes Lainnya

Samsung Member juga menyediakan tes untuk wireless charging, kabel charging, OTG, headset, dan berbagai sensor lainnya seperti sidik jari dan pengenalan wajah. Pastikan untuk memeriksa semuanya dengan cermat.

Pada tips membeli HP Samsung bekas ini, penting untuk melakukan pemeriksaan dengan cermat dan logis, tanpa terburu-buru. Ikuti semua langkah dengan teliti untuk memastikan semua fungsi HP berfungsi dengan baik tanpa risiko merusaknya.

Dengan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh, Anda dapat memastikan bahwa HP bekas yang Anda beli dalam kondisi terbaik(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: