Perbedaan Android dan iOS, Apa Saja?

Perbedaan Android dan iOS, Apa Saja?

Perbedaan Android Dan iOS-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Pada perangkat yang menggunakan iOS, pengunduhan aplikasi hanya melalui App Store resminya saja. Berbeda dengan Android yang bisa memakai Google Play Store atau App Store pihak ketiga lainnya.

Pilihan Perangkat

Pilihan perangkat pada Android lebih bervariasi karena ada berbagai merk dengan model dan keunggulan fiturnya masing-masing, sedangkan iOS hanya terbatas pada produk Apple saja.

Penyesuaian dan Personalisasi

Jika dibandingkan dengan Android, opsi penyesuaian pada iOS lebih sederhana namun konsisten sehingga hanya berfokus pada pengembangan teknologinya saja. Android memberikan lebih banyak opsi, seperti peluncur aplikasi serta widget yang bisa diubah sesuai kebutuhan penggunanya.

Integrasi Ekosistem

Meskipun terkesan terbatas, tapi Apple menyediakan berbagai produk yang ekosistemnya sudah terintegrasi kuat dengan adanya iOS ini. Produk MacBook, iPad, Apple Watch, hingga Apple TV bisa kamu integrasikan dengan iPhone kesayanganmu. Integrasi ekosistem pada Android dibantu dengan adanya layanan Google seperti Google Calendar, Google Drive, hingga Gmail.

Keamanan

Kontrol ketat yang ada pada Apple menjadikan perangkat yang mengandalkan iOS sebagai sistem operasinya lebih aman dibanding Android. Sistem operasi Android dengan open sourcenya memungkinkan adanya malware atau masalah lainnya karena pengguna bisa bebas menginstal aplikasi berbahaya dari sumber tidak resmi.

BACA JUGA:Mengapa iPhone Anda Menjadi Lebih Panas Setelah Pembaruan iOS 17.5?

Pembaruan Sistem Operasi

Cicilan pembaruan sistem operasi pada Android umumnya memakan waktu yang lebih lama dan sangat bergantung pada produsen gadget serta operator selulernya. Berbeda dengan iOS yang pembaruan sistem operasinya bisa dilakukan dengan lebih cepat, bahkan tersedia bagi hampir semua perangkat Apple. Meskipun begitu, biasanya pada gadget keluaran terbaru baik yang memakai iOS atau Android tidak terlalu bermasalah.

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan Android dan iOS yang wajib diketahui untuk menambah pengetahuan anda dan bisa di jadikan referensi saat membelinya. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: