Perbedaan Android dan iOS, Apa Saja?

Perbedaan Android dan iOS, Apa Saja?

Perbedaan Android Dan iOS-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Beberapa produk Apple yang menggunakannya antara lain iPhone, iPod Touch, serta iPad. Perangkat lunak ini sudah diintegrasikan dengan perangkat keras serta layanan dan fitur-fitur yang disediakan bagi para pengguna produk Apple tersebut.

Apa Kelebihan dari iOS?

Lalu apa kelebihan dari iOS? Karena didesain khusus untuk produk Apple, pastinya iOS punya keunggulan tersendiri seperti antarmuka pengguna yang intuitif, bersih, serta mudah digunakan. Selain itu, keamanan iOS dari Apple juga terkenal sangat tinggi dengan fungsionalitas berupa Touch ID pada perangkat lama dan Face ID pada produk yang lebih barunya. Apalagi ditambah dengan akses App Store khusus yang dijamin kualitasnya oleh Apple.

Sistem operasi iOS juga terintegrasi dengan baik dalam ekosistem Apple untuk semua produknya, termasuk MacBook, iPad, hingga Apple Watch. Secara teratur, Apple akan melakukan update sistem operasi dengan cepat. Dukungan jangka panjang, performa yang konsisten dan responsif, kecepatan dan optimasi yang sangat efisien, privasi pengguna, serta fitur kontrol orang tua juga membuat iOS patut diandalkan.

BACA JUGA:Peningkatan Menarik Model iPhone Terbaru dengan iOS 18

Apa Kekurangan dari iOS?

Apa kekurangan dari iOS? Beberapa kekurangan yang perlu jadi pertimbangan antara lain keterbatasan kustomisasi dan ketergantungan terhadap ekosistem Apple saja. Pastinya pilihan perangkat juga akan lebih terbatas dengan biaya yang tinggi di kelasnya. Perangkat iOS juga punya keterbatasan file management, aplikasi pihak ketiga, berbagi data, layar utama, serta baterai yang tidak bisa dilepas.

Perbedaan iOS dan Android

Pembuat dan Pemilik Sistem Operasi

Sistem operasi iOS dikembangkan oleh Apple Inc dan dipakai khusus oleh iPhone, iPad, iPod Touch yang diproduksi oleh Apple. Android bisa digunakan pada ponsel seperti Samsung, LG, Xiaomi, OPPO, dan sebagainya karena dikembangkan oleh Google.

Open dan Closed Source

Android bersifat open source, sedangkan iOS closed source. Tidak seperti Android, akses dan ubah kode sumber pada iOS hanya bisa dilakukan oleh Apple saja.

Tampilan Antarmuka Pengguna

Tampilan antarmuka pada seluruh perangkat Apple terbilang konsisten, sedangkan perangkat yang memakai Android lebih dapat sesuaikan pada setiap merk seperti OnePlus OxygenOS, Samsung Experience, dan sebagainya.

App Store

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: