Galbay Pinjol Legal Bisa Dituntut Hukum, Kok Bisa? Begini Penjelasan Lengkapnya

Galbay Pinjol Legal Bisa Dituntut Hukum, Kok Bisa? Begini Penjelasan Lengkapnya

Galbay pinjol legal bisa dituntut hukum--

BACA JUGA: 6 Solusi Galbay Pinjol Legal Jika Tak Ada Uang untuk Bayar Hutang

Informasi tersebur nantinya akan tercatat di SLIK OJK dan lembaga keuangan bank. Selain itu, informasi debitur tersebut juga bisa digunakan sebagai identifisi kualitas debitur untuk pemenuhan ketentuan OJK atau pihak lain yang berwenang.

Jika Anda tercatat pernah mengalami galbay di pinjaman online, nantinya akan tercatat di SLIK OJK. Dengan ini, skor kredit Anda sudah tercatat dalam kategori buruk.

2. Ditagih Debt Collector (DC) Lapangan

Apabila nasabah galbay, tentu saja pihak pinjol memiliki petugas untuk menagih hutang yaitu debt collector atau DC. Penagihan yang dilakukan oleh DC juga memiliki aturan yang sudah ditetapkan OJK, yakni tidak boleh menagih dengan cara kekerasan.

Jika Anda galbay DC akan datang ke rumah untuk menagih hutang. Namun, nasabah gak perlu panik adanya teror atau penagihan yang tidak etis dari DC lapangan pinjol legal.

BACA JUGA: Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi Jika Terlanjur Galbay? Begini 5 Solusi yang Aman dan Efektif

Meski pinjol legal dapat bekerja sama dengan DC lapangan, penagihan yang dilakukan juga harus sesuai aturan. Selain itu, penagih utang juga harus tersertifikasi dari lembaga sertifikasi profesi yang terdaftar di OJK.

Penagihan hutang juga harus dilaksanakan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Untuk menghindari kedatangan DC, solusi efektinya yaitu melunasi semua hutang.

Demikian penjelasan tentang galbay pinjol legal bisa dituntut ke jalur hukum beserta risiko jika nasabah nekat tidak bayar hutang. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: