Kabupaten Tegal Menuju Zero Stunting, Pj Bupati Minta Ada Panglima Kecil

Kabupaten Tegal Menuju Zero Stunting, Pj Bupati Minta Ada Panglima Kecil

TEMUI ROMBONGAN - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah didampingi sejumlah kepala OPD menemui rombongan dari Tanoto Foundation.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal tetap semangat untuk menuju zero stunting. Upaya itu terus dilakukan hingga akan membentuk panglima-panglima kecil.

"Panglima kecil itu nantinya akan dijadikan kader penggerak di tiap desa," kata Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, saat menemui rombongan Tanoto Foundation dari Jakarta, di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal.

Agustyarsyah mengungkapkan, target di tingkat Nasional untuk penurunan stunting tahun 2024 sebesar 14%. Sedangkan Kabupaten Tegal, capaiannya harus di bawah target tersebut. 

BACA JUGA:Tilik Desa di Lebaksiu, Sekda Kabupaten Tegal Beri Kabar Baik ke Masyarakat

"Penurunan stunting ini sangat penting. Sehingga kelak menghasilkan pemimpin-pemimpin yang cerdas. Tidak hanya baik budi pekertinya, tetapi juga mampu mengambil keputusan dan kebijakan yang tepat dan bermanfaat bagi orang banyak," tegas Pj Bupati Tegal.

Dia berpesan agar upaya yang sudah dilakukan oleh Tanoto Foundation dapat dilanjutkan oleh OPD terkait. Dan harus bisa dikembangkan. Karena pendampingan ini tidak akan selamanya dilakukan oleh Tanoto Foundation. 

"Kalau Pemda masih berharap terus untuk didampingi, berarti Pemda gagal dalam mengawal apa yang sudah dilakukan oleh Tanoto Foundatian," cetusnya.

Sementara, rombongan dari Tanoto Foundation ini dipimpin oleh Margaretha Ari Widowati Head of Learning Environment dan didampingi Medi Yusva Regional Lead Tanoto Foundation Java serta koordinator lainnya.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Dongkrak Kunjungan Wisatawan di 2 Obyek Wisata

Dalam kesempatan itu, Margaretha Ari mengaku datang ke Tegal ini untuk melihat capaian dukungan Tanoto Foundation dalam membantu pemerintah, khususnya di bidang pendidikan dasar dan percepatan penurunan stunting. 

Dijelaskannya, Tanoto Foundatian adalah lembaga filantropi dari Tanoto Sukanto, salah satu konglomerat di Indonesia yang komitmen membantu pemerintah di bidang pendidikan, lingkungan dan sosial.

"Kami (Tanoto Foundation) hadir di Tegal sejak tahun 2021. Awal pendampingan konsentrasi pada peningkatan kapasitas SDM pendidikan dasar yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," kata Margaretha menjelaskan.

BACA JUGA:Kukuhkan Tim Relawan Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Tegal

Kemudian pada 2022, lanjut Margaretha, Tanoto Foundation melakukan pendampingan percepatan penurunan stunting yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: