6 Tips Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Tetap Terjaga

6 Tips Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Tetap Terjaga

tips menghilangkan sadapan pinjol ilegal --foto kumparan

Tips menghilangkan sadapan pinjol ilegal berikutnya yaitu hapus data dengan cara "Pilih Hapus Data dan Cache" 

3. Ganti Nomor SIM Card

Setelah aplikasi pinjaman online dihapus, silahkan kalian mengganti kartu SIM Card. Hal ini bertujuan agar tidak muncul notifikasi pesan dari pinjaman online tersebut. Sehingga dapat menghilangkan jejak dari pinjaman online yang pernah kalian gunakan.

4. Menolak Perizinan Akses

Kesalahan debitur yang paling umum terjadi yaitu memberikan izin akses aplikasi ke kontak. Hal inilah yang menyebabkan pihak pinjaman online bisa mengetahui data penting dari ponsel debitur seperti nomor kontak, lokasi, alamat email, dan lain-lain.

Karena itu, debitur harus cepat tanggap dan menolak perizinan akses tersebut. Jika izin akses tidak diterima, maka data pengguna aplikasi akan aman sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh pihak debt collector (DC). 

BACA JUGA:4 Tips Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal saat Terlanjur Galbay

5. Hapus Aplikasi Pinjaman Online

Selain hapus data aplikasi pinjaman online, tips menghilangkan sadapan pinjaman online ilegal berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasinya. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan yang ada di telepon kalian
  • Pilih pada bagian Aplikasi
  • Cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  • Pilih Uninstall. 

6. Menghubungi Call Center

Jika pinjaman atau utang yang kalian ajukan sudah lunas, silahkan menghubungi call center pinjaman online dan mengajukan permohonan penghapusan data pribadi kalian. Sertakan bukti-bukti valid bahwa utang dari pinjaman sudah kalian lunasi.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips menghilangkan sadapan pinjol ilegal yang perlu kalian ketahui dan perhatikan agar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: