7 Tips Memilih Pinjol Terpercaya dan Aman

7 Tips Memilih Pinjol Terpercaya dan Aman

tips memilih pinjol terpercaya --foto zona surabaya raya

Jadi, sebelum mengambil pinjaman, silahkan baca secara teliti dan hati-hati persyaratan yang diberikan. Jika ada syarat yang kurang dipahami, silahkan tanyakan langsung ke layanan Customer Service (CS) yang disediakan oleh penyelenggara.

BACA JUGA:Ketahui Tips Memilih Pinjol Legal Cepat Cair Resmi OJK yang Aman dan Terpercaya, Ikuti Langkah Berikut Ini

4. Perhatikan Biaya dan Bunga

Pihak penyelenggara pinjol yang legal dan diawasi oleh OJK akan selalu memberikan rincian biaya dan suku bunga secara transparan kepada seluruh calon borrower atau nasabah yang akan menarik pinjaman.

Bahkan ada yang menyediakan fitur untuk melakukan simulasi pinjaman oleh nasabah. Jadi, mereka akan mengetahui berapa cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Calon nasabah akan mengetahui segala risiko dan tanggung jawab sejak awal. Sehingga tidak akan ada tindak kejahatan penipuan.

5. Pastikan Pinjol Punya Layanan Konsumen

Pinjol yang resmi dan diakui oleh OJK pasti memiliki dan menyediakan layanan konsumen yang bisa diakses oleh masyarakat. Layanan konsumen yang dimaksud berupa layanan Customer Service, layanan email, dan melalui nomor telepon tertentu lengkap dengan alamat kantor yang jelas.

6. Cek Legalitas Pinjol di OJK

Tips memilih pinjol terpercaya kalian harus cek legalitas dari perusahaan penyelenggara. Pilih perusahaan penyelenggara Pinjol yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK.

OJK akan mengawasi segala kegiatan operasional fintech resmi dan akan memberikan sanksi apabila perusahaan tersebut melanggar peraturan. Silahkan cek langsung melalui website resmi OJK atau melalui telepon di 157 dan WhatsApp di 081-157-157-157.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Memilih Pinjol untuk Modal Usaha Usahai, Ada yang Tanpa Jaminan dengan Limit hingga Rp80 Juta

7. Pertimbangkan Kemampuan Membayar

Para perencana keuangan telah memberi saran, bahwa batas aman pembayaran hutang sebesar 30% dari total pendapatan. Saran jumlah pembayaran utang ini berlaku juga jika kalian ingin mengambil pinjol.

Total pendapatan yang dimaksud yaitu pendapatan rutin yang kalian pegang setiap bulannya. Jika angsuran pinjol lebih besar dari 30% total pendapatan, disarankan untuk tidak mengajukan pinjaman online.

Demikian beberapa informasi mengenai tips memilih pinjol terpercaya dan aman yang bisa kalian gunakan dengan memahami persyaratan yang telah ditentukan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: