Lansia Desa Cibuyur Kabupaten Pemalang Diberi Penyuluhan agar Produktif

Lansia Desa Cibuyur Kabupaten Pemalang Diberi Penyuluhan agar Produktif

PENYULUHAN - Warga di Desa Cibuyur sedang mengikuti penyuluhan khusus lansia.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Warga di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring yang merupakan warga lanjut usia (lansia). Mengikuti penyuluhan tentang pencegahan darah tinggi dan lansia produktif. 

Kader lansia Desa Cibuyur Odah mengatakan, penyuluhan untuk para lansia sudah sering dilakukan. Kali ini penyuluhan difokuskan pada pencegahan darah tinggi serta lansia produktif. Sehingga mereka bisa mengerti dan memahami tentang hal tersebut. Lansia memang rentan terhadap berbagai penyakit, seperti darah tinggi. 

"Lansia dapat menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit itu. Salah satunya dengan olah raga teratur," katanya.

BACA JUGA:Bahas Usulan Subsidi Air untuk Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal

Selain itu, agar mengurangi konsumsi garam, mengurangi konsumsi kafein, alkohol. Diet sehat, kurangi berat badan apabila disarankan, kelola stres dengan baik serta istirahat yang cukup. Diharapkan lansia bisa memahami diusianya yang sudah lanjut, memperhatikan kondisi kesehatan dengan baik. 

"Apa yang dianjurkan agar dilakukan supaya tetap sehat," tambahnya. 

BACA JUGA:Kapolda Jateng Bakti Sosial di Kabupaten Pemalang

Titi yang juga sebagai kader lansia menjelaskan, usia lansia produktifitas berkurang. Tetapi lansia masih bisa melakukan kegiatan produktif. Untuk menjadi lansia yang produktif dan sehat maka yang bisa dilakukan antara lain, rajin olahraga. Konsumsi makanan sehat bergizi, periksa kesehatan secara rutin dan lain sebagainya. 

"Maka dari itu lansia disini antusias ketika ada kegiatan lansia, karena semangat mereka tinggi untuk sehat, produktif dan bahagia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: