Tips Menghadapi DC Pinjol, Galbay Gak Jadi Masalah

Tips Menghadapi DC Pinjol, Galbay Gak Jadi Masalah

Tips menghadapi DC pinjol--

Hak-hak tersebut seperti waktu penagihan utang dan larangan penagihan utang kepada nasabah. Dengan mengetahui hak-hak tersebut dapat memberikan dasar yang kuat dalam menangani penagihan kasar yang menganggu.

BACA JUGA:2 Cara Efektif dari OJK agar Tidak Berurusan dengan DC Lapangan Pinjol Meskipun Galbay

4. Dokumentasikan Penagihan

Jika debt collector mendatangi rumah untuk menagih utang, penting untuk mendokumentasikan penagihan. Anda dapat menyimpan bukti seperti panggilan telepon, pesan teks, atau lainnya yang bersangkutan dengan praktik penagihan.

Jika perlu, Anda harus mencatat tanggal, waktu, nama debt collector, dan isi percakapan yang dibahas. Bukti ini bertujuan supaya nantinya bisa dijadikan bahan laporan apabila pihak penagih melakukan tindakan merugikan.

5. Laporkan Jika Ada Pelanggaran

Cara mengatasi debt collector lapangan yang menagih utang berikutnya, yakni laporkan kepada pihak berwenang. Untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh DC biasanya gratis dan dapat memberi Anda perlindungan tambahan serta menekankan pada praktik yang melanggar hukum.

Anda bisa melaporkan kejadian yang merugikan tersebut ke OJK, AFPI, atau polisi. Merujuk pada poin keempat, jangan lupa sertakan bukti seperti dokumentasi jika ingin melaporkan ke pihak berwenang.

6. Proposal Penyelesaian Utang

Jika utang tak kunjung lunas dan belum terselesaikan, pertimbangkan untuk mengajukan proposal penyelesaian utang. Proposal penyelesaian utang ini dapat berupa tawaran pembayaran yang ditawarkan kepada kreditur, yang mungkin mencakup pembayaran sebagian dari jumlah utang.

Demikian informasi seputar tips menghadapi DC pinjol yang efektif jika Anda terlanjur galbay. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang galau akibat gagal bayar pinjaman online.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: