3 Tips agar DC Lapangan Pinjol Tidak ke Rumah Meski Galbay

3 Tips agar DC Lapangan Pinjol Tidak ke Rumah Meski Galbay

Mengatasi DC lapangan pinjol agar tidak ke rumah--

2. Surat atau Dokumen Tugas

DC lapangan pinjol yang datang untuk menagih utang umumnya harus membawa surat tugas. Apabila datang ke rumah Anda bisa langsung minta surat tugas kepada debt collector.

Sebab ada kasus DC pinjol yang tidak resmi bekerja sama dengan perusahaan pinjol. Hal ini bertujuan supaya debitur tidak lagi tertipu oleh penagihan dari platfrom ilegal atau oknum nakal.

Supaya Anda tidak terkecoh dengan praktik penagihan yang dilakukan oleh oknum pinjaman ilegal, Anda perlu tahu dokumen yang harus di bawah DC lapangan pinjol, antara lain:

  1. Surat tugas dari perusahaan pembiayaan 
  2. Salinan sertifikat fidusia
  3. Kartu identitas 
  4. Sertifikat profesi di bidang penagihan dari lembaga
  5. Bukti dokumen debitur wanprestasi. 

Dokumen-dokumen di atas wajib ditunjukkan oleh DC lapangan pinjol kepada debitur yang menjadi target penagihannya. Jika tidak membawa dokumen tersebut maka debitur bisa menolak kedatangan debt collector.

3. Melaporkan ke Instansi Terkait

Jika pihak penagih melakukan praktik pinjaman dengan cara kasar, Anda harus berani melaporkan ke polisi atau OJK. Tindakan penagihan kasar yang dilakukan pinjol legal tentu saja tidak diperbolehkan oleh OJK.

Laporan ke OJK bisa melalui website resmi dan manfaatkan layanan pengaduan. Selain itu, Anda juga perlu bukti pendukung seperti video, foto, isi chat, rekaman, dan lainnya agar laporan mudah diterima.

Demikian informasi seputar tips agar DC lapangan pinjol tidak mendatangi rumah nasabah meskipun dalam kondisi galbay. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: