8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal, Apa Saja?

8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal, Apa Saja?

solusi tidak bisa bayar pinjol legal --foto detikfinance

BACA JUGA:3 Solusi Galbay Pinjol Legal Terbaru 2024 dengan Aman, Bebas Teror dan Lilitan Utang

4. Lapor OJK atau Polisi

Saat mengalami galbay pinjol legal, nasabah bisa menempuh jalur hukum dengan melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan polisi, jika mengalami intimidasi atau ditagih oleh DC secara paksa. Jadi jangan panik jika kalian dikejar-kejar DC saat tidak bisa bayar pinjol yang legal. 

5. Hindari Pinjaman Tambahan

Dalam keadaan keuangan yang sulit, jangan tergoda untuk mengammbil pinjaman tambahan dari pinjol lain atau dari pinjol tempat kalian meminjam demi membayar tagihan yang jatuh tempo. 

Hal itu justru akan membuat semakin terbelit utang karena beban bunga pinjaman yang besar, sehingga akan memberatkan pendapatan kalian saat jatuh tempo pembayaran berikutnya. 

6. Buat Rencana Keuangan yang Lebih Baik

Jika kalian merasakan kesulitan membayar pinjol, maka usahakan untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih baik dan rem keinginan untuk menggunakan pinjol jika situasi tidak mendesak. 

Ingat, jangan menggunakan pinjol untuk perilaku konsumtif atau memenuhi haya hidup. Budayakan membeli sesuai dengan uang yang tersedia, sehingga kalian bisa mengetahui berapa dana yang sebenarnya kalian miliki untuk digunakan. Jika tidak ada, maka kalian yang harus mengontrol keinginan untuk berbelanja atau memenuhi gaya hidup dengan berutang. 

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Wajib Kalian Ketahui

7. Negosiasi Pengurangan Bunga dan Denda

Jika dirasa memberatkan, kalian bisa meminta keringanan bunga dan denda ke pihak pinjol. Ceritakan apa yang membuat kallian kesulitan untuk membayar tagihan. Besaran bunga dan denda yang disesuaikan bisa mengurangi beban angsuran, sehingga lebih mudah melunasi tagihannya. 

8. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Carilah sumber pendapatan tambahan guna melunasi utang yang jatuh tempo. Hal itu bisa dilakukan dengan mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama atau menjual barang dan perhiasan agar ada pendapatan tambahan untuk bisa melunasi utang pinjol. 

Demikian beberapa informasi mengenai 8 solusi tidak bisa bayar pinjol legal yang dapat membantu kalian agar  terhindar dari rasa cemas atau panik. Semoga Bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: