8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal, Apa Saja?

8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal, Apa Saja?

solusi tidak bisa bayar pinjol legal --foto detikfinance

DISWAY JATENG - Banyak debitur yang keburu panik hingga tidak menyadari bahwa ada solusi tidak bisa bayar pinjol legal. Meskipun harus tetap melunasi utang, solusi tersebut bisa meringankan beban pembayaran. 

Seperti diketahui, pinjol marak beroperasi di Indonesia dan menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh kredit karena syaratnya tergolong ringan dan prosesnya cepat. Namun, solusi tidak bisa bayar pinjol legal sering dicari bagi banyak orang. 

Saat memilih mengajukan pinjaman secara online, kita harus mempertimbangkan semua risikonya dengan cermat. Salah satu risiko yang mungkin terjadi yaitu tidak mampu membayar pinjaman tersebut. Maka harus ketahui solusi tidak bisa bayar pinjol legal supaya tidak terjerumus ke dalam pinjol yang berkepanjangan. 

Namun, terlepas dari risiko galbay yang muncul, sebenarnya ada beberapa jalan keluar yang dapat dilakukan yaitu dengan mencari solusi tidak bisa bayar pinjol legal yang dapat kalian coba. 

BACA JUGA:4 Solusi Tidak Bayar Pinjol Legal dan Ilegal Agar Aman dari Kejaran DC Lapangan Setiap Hari

Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal

1. Ajukan Perpanjangan atau Restrukturasi Pinjol

Solusi tidak bisa bayar pinjol legal kalian bisa mengajukan perpanjangan atau restrukturisasi pinjol saat dihubungi pihak Pinjol legal untuk membayar utang yang sudah melewati batas waktu. 

Komunikasikan dengan jelas situasi keuangan agar pihak pinjol bisa membantu menemukan solusi terbaik untuk pelunasan utang. Buatlah kesepakatan sesuai kemampuan membayar, misalnya dengan mengajukan perpanjangan jangka waktu cicilan, meminta diskon cicilan, atau potongan kredit dalam sekali pelunasan. 

2. Alokasikan Dana Lebih Besar untuk Bayar Pinjol

Hal ini bisa dilakukan dengan mengerem pengeluaran, apalagi yang tidak penting dan mendesak. Kemudian buat rencana anggaran untuk membayar pinjol secara bertahap atau dicicil tiap bulan dengan jumlah lebih dari angka minimal yang diwajibkan, serta disiplin menerapkannya. 

3. Jangan Mengabaikan Kewajiban 

Solusi tidak bisa bayar pinjol legal lakukanlah komunikasi dengan perusahaan Pinjol. Jangan menghindari komunikasi apalagi sampai mengabaikan kewajiban kalian untuk membayar utang. 

Justru dengan mengkomunikasikan kondisi kalian dan memberikan informasi yang jujur, pihak pinjol bisa memaklumi dan turut mencari solusi agar kalian bisa membayar utang yang tertunggak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: