10 Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP dengan Benar, Apa Saja?

10 Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP dengan Benar, Apa Saja?

cara menjaga kesehatan baterai hp--

Beberapa smartphone memiliki fitur untuk memeriksa kesehatan daya. Manfaatkan fitur ini untuk mengetahui kondisi daya ponsel dan mengambil langkah-langkah pencegahan jika diperlukan.

5. Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Cara menjaga kesehatan baterai hp dengan menghindari pengisian yang terllau berlebihan, kebiasaan mengisi daya sampai 100% dan membiarkannya tercolok semalaman dapat memperpendek usia baterai. Idealnya mengisi daya hanya sampai 80% kemudian cabut charger ketika sudah penuh.

6. Hindari Suhu Ekstrem

Paparan suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat merusak daya. Hindari menggunakan smartphone di bawah sinar matahari langsung atau di tempat yang sangat dingin.

7. Gunakan Baterai Original

Jika daya baterai smartphone sudah tidak tahan lama, gantilah dengan yang original dari toko resmi. Penggunaan baterai imitasi dapat membahayakan ponsel dan tidak terjamin kualitasnya.

8. Gunakan Pengisi Daya Asli

Gunakanlah pengisi daya original yang sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda. Pengisi daya palsu atau tidak berkualitas dapat merusak dan membuatnya cepat habis.

9. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Cara menjaga kesehatan baterai hp dengan mematikan fitur yang tidak digunakan, Fitur-fitur seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, serta sinkronisasi akun yang tidak digunakan dapat menghabiskan daya secara signifikan. Matikan fitur-fitur tersebut saat tidak diperlukan.

10. Kurangi Kecerahan Layar

Layar merupakan salah satu komponen yang paling banyak menghabiskan daya, dengan mengurangi tingkat kecerahan layar seminimal mungkin atau gunakan pengaturan kecerahan otomatis.

Dengan menerapkan langkah diatas, anda dapat menjaga kesehatan baterai ponsel serta memperpanjang usia penggunannya. Ingatlah bahwa daya ponsel anda mempunyai usia pakai terbatas, serta seiring waktu performanya akan menurun.

BACA JUGA:Cara Merawat Baterai Hp Samsung Agar Tidak Kembung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: