Pelita Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Vokasi dan Industri di Perancis

Pelita Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Vokasi dan Industri di Perancis

MENGIKUTI - Sebanyak 40 pimpinan Politeknik Swasta yang tersebar di seluruh Indonesia mengikuti Rakornas) dan HUT ke-2.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia. Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 2 di Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal. Rakornas tersebut diikuti 40 pimpinan Politeknik Swasta yang tersebar di seluruh Indonesia dari seluruhnya berjumlah 78 Polteknik anggota Pelita.

Dalam salah satu pemantik diskusi untuk bahan Rakornas, dihadirkan salah satu Tenaga Ahli Internasional Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Mr Philippe Grangé yang memaparkan materi Potret Pendidikan Vokasi di Negara Maju. Dia menyampaikan banyak hal tentang konsep dan jalannya pendidikan vokasi di negara-negara eropa, khususnya yang terdapat di Perancis. Link and match antara pendidikan vokasi dengan Industri bukan sebatas pada slogan semata, akan tetapi telah kongkrit terjalankan dengan baik. 

BACA JUGA:Jadwal PPDB SMK di Kabupaten Tegal segera Digelar

"Hal ini salah satunya dikarenakan campur tangan pemerintah yang mengatur regulasi yang baik. Untuk pendidikan vokasi dan industri melalui kamar dagang. Untuk pendidikan vokasi terhimpun dalam CMQ (Campus des Métiers et des Qualifications) sebagai Himpunan Pendidikan Vokasi dan Pelatihan unggul”, ungkapnya.

Usai paparan, dalam kapasitasnya sebagai Tenaga Ahli Internasional Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek. Dia berkomitmen untuk memfasilitasi Pelita dalam melakukan penjajakan kerja sama. Dengan industri dan beberapa pendidikan tinggi vokasi yang terdapat di Perancis.

BACA JUGA:SIM Keliling Polres Tegal Hadir Lebih Dekat

Ginanjar Wiro Sasmito, Direktur Eksekutif Pelita Indonesia menyambut baik tawaran dari Mr Philippe Grangé, dia berkomitmen untuk berkomunikasi secara intens. Untuk menyambut tawarannya tersebut demi terealisasinya jalinan kerja sama yang akan diperuntukkan untuk seluruh anggota Pelita Indonesia. Yang saat ini berjumlah sebanyak 78 ooliteknik swasta seluruh Indonesia.

“Kami secara bersama-sama dengan Mr Philippe Grangé  telah mengatur untuk diadakan pertemuan dan penandatanganan kerja sama. Antara Pelita Indonesia dengan CMQ Perancis pada kegiatan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) Pelita Indonesia ke -3 yang rencananya akan diselenggarakan di Politeknik Caltex Riau pada 31 Oktober hingga 3 November tahun 2024”, tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: