Jangan Panik, Begini 6 Cara Usir DC Lapangan yang Datang ke Rumah atau Tempat Kerja

Jangan Panik, Begini 6 Cara Usir DC Lapangan yang Datang ke Rumah atau Tempat Kerja

Cara usir DC lapangan pinjol saat galbay pinjol--

Supaya nasabah bisa menghindari penagihan dari debt collector lapangan, Anda bisa menyetop komunikasi dengan DC lapangan. Cara ini bisa dilakukan jika pembicaraan sudah tidak nyaman.

BACA JUGA: 3 Tanda DC Lapangan Pinjol ke Rumah Nasabah Galbay

Anda bisa mengirim surat kepada penagihan, bahwa tidak ingin didatangi DC dan penagihan cukup melalui telepon saja. Meski begitu, Anda juga harus memastikan bahwa utang benar-benar dibayar.

4. Buat Laporan ke Otoritas Terkait

Apabila debt collector datang ke rumah dan melakukan praktik penagihan dengan cara yang tidak wajar, Anda bisa laporkan. Simpan bukti untuk melaporkan kejadian tersebut seperti rekaman video, rekaman suara, dan lainnya.

Jika sudah, Anda bisa melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AFPI, dan polisi. Dengan ini, nantinya lembaga yang berwenang bisa memberikan efek jera ke penyedia pinjol.

BACA JUGA: Nasabah Galbay Berhak Usir DC Lapangan yang Datang ke Rumah Jika Tidak Membawa 5 Dokumen Ini

5. Mengajukan Gugatan

Cara usir DC pinjol saat galbay pinjol berikutnya, yakni dengan mengajukan gugatan terutama saat adanya praktik penagihan yang tidak wajar. Selain itu, Anda bisa ajukan gugatan jika praktik penagihan mengabaikan hak-hak konsumen.

Jika perlu Anda bisa menggunakan pengacara dalam hal ini. Sertakan bukti yang kuat terkait adanya penagihan kasar dari debt collector lapangan pinjaman online.

6. Jangan Bayar Hutang ke Debt Collector

Jika Anda galbay dan didatangi oleh DC lapangan pinjol, ada baiknya Anda tidak langsung membayar ke mereka. Lebih baik langsung bayar kepada kreditur maupun pihak yang bertanggung jawab.

BACA JUGA: Aman dari Teror! Nasabah Galbay Bisa Usir DC Lapangan Pinjol Jika Tak Membawa 5 Dokumen Wajib Ini

Demikian informasi seputar cara usir DC pinjol saat galbay pinjol yang aman dan efektif untuk Anda coba jika debt collector datang ke rumah. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: