Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk --foto sabahat pegadaian

4. Evaluasi Utang Kalian

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk berikutnya yaitu mencatat semua utang dan mengevaluasinya. Termasuk bunga yang harus dibayar dan waktu jatuh tempo pembayaran. Cara ini akan membantu mendapatkan gambaran yang jelas mengeni situasi keuangan yang sedang kalian hadapi.

5. Kurangi Pengeluaran

Identifikasi pengeluaran harian atau bulanan yang sekiranya bisa dikurangi, seperti makan di luar, hiburan, atau belanja yang tidak perlu. Dengan demikian, alokasi uang untuk membayar utang menjadi lebih banyak.

6. Prioritaskan Utang dengan Bunga Tertinggi

Fokuslah pada membayar pinjaman dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan demikian, hal ini akan membantu mengurangi beban bunga yang harus dibayar.

BACA JUGA:5 Penyedia Pinjaman Syariah untuk Melunasi Utang Riba, Berikut Tipsnya yang Harus Diperhatikan

7. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Dengan melakukan pembayaran tepat waktu. Dengan demikian, utang tidak semakin menumpuk dan meringankan kondisi keuangan kalian.

8. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Selain pekerjaan utama kalian, cari sumber pendapatan tambahan seperti pekerjaan sampingan atau proyek paruh waktu, untuk mengumpulkan uang tambahan demi bisa membayar utang lebih cepat.

9. Pertimbangkan Konseling Keuangan

Jika kalian merasa kesulitan mengelola utang kalian, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang konselor keuangan yang berpengalaman.

10. Jangan Buka Pinjaman Baru

Hindari mengambil pinjaman baru dari pinjol atau sumber lain alias gali lobang tutup lobang saat sedang berusaha melunasi utang yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: