Pj Wali Kota Tegal Minta Lakukan Digitalisasi Dokumen kepada OPD

Pj Wali Kota Tegal  Minta Lakukan Digitalisasi Dokumen kepada OPD

MENINJAU - Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri meninjau 4 Kantor OPD.Foto:Meiwan Dani R/jateng.diswayid--

DISWAYJATENG, TEGAL - Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri mengimbau kepada OPD untuk segera beralih ke digitalisasi dokumen. Hal tersebut sesaat setelah melakukan silaturahmi dan meninjau ke 4 OPD.

Dadang melakukan tinjauan langsung ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Termasuk Mall Pelayanan Publik (MPP) Alaya Sewagati. Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan. serta Dinas Kesehatan.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Temukan Madu dengan Izin Edar Palsu

Dari hasil tinjauan tersebut, pihaknya berharap OPD untuk memulai mendigitalisasi dokumen. Dia mengaku tidak dapat menyalahkan sepenuhnya kepada setiap OPD, karena memang tidak semua dokumen sudah tersistem dengan digital. Namun, pihaknya berharap minimal untuk jenis-jenis pendokumentasian yang sudah bisa dan memungkinkan. Untuk dilakukan secara digitalisasi, serta dapat dilaksanakan dengan digitalisasi.

“Masih banyak dokumen yang bersifat fisik, karena belum semua sudah sistem digital. Tetapi untuk jenis-jenis yang sudah bisa digitalisasi harus beralih untuk didigitalisasi,” ujarnya.

BACA JUGA:Anom Widiyantoro Ambil Formulir Pendaftaran Bupati Pemalang di DPC Partai Gerindra

Menurutnya, dengan digitalisasi akan berdampak pada efisiensi keuangan, efektifitas penggunaan ruang dan untuk jangka panjang nantinya akan terdigitalisasi. Oleh karena itu, pihaknya meminta OPD untuk memulai beralih ke digitalisasi. Karena digitalisasi betul-betul menjadi sesuatu yang harus diikuti.

Di kantor DPMPTSP, Dadang meninjau apakah pelayanan yang diberikan sudah cukup optimal. 

BACA JUGA:Adakan Pengobatan Gratis untuk Lansia di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

Kepala DPMPTS Kota Tegal Sartono Eko Saputro mengatakan bahwa masyarakat sudah  banyak yang berkonsultasi ke MPP. 

"Hampir semua layanan ada, tetapi masih terus harus ditingkatkan, karena wajah kota dalam peran publik ada di MPP," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: