Dikejar Debt Collector? Begini 6 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol dengan Tepat

Dikejar Debt Collector? Begini 6 Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol dengan Tepat

cara menghadapi dc lapangan--

Anda juga dapat melakukan musyawarah dengan petugas penagih hutang perihal pembayaran angsuran, biasanya ada beberapa aplikasi pinjaman online yang akan memberikan tambahan waktu supaya debitur dapat membayar angsurannya.

4. Komunikasi Tertulis

Ketika anda ditagih oleh platform pinjaman online dan mereka melakukan penagihan melalui media komunikasi seperti email atau telepon maka anda perlu menyimpan riwayat pesannya dan jangan sampai dihapus.

Hal ini dapat menjadi bukti jika ada sesuatu hal terjadi pada anda di kemudian hari.

5. Verifikasi Hutang

Saran dari kami ketika anda sedang ditagih oleh debt collector, maka anda perlu menanyakan jumlah dari pinjaman yang perlu dibayarkan bahkan jika bisa anda perlu meminta bukti yang tertulis.

Hal tersebut untuk menghindari adanya penipuan yang akan merugikan anda.

6. Jangan Memberikan Informasi Pribadi

Cara menghadapi DC lapangan dengan tidak sembarangan memberitahu informasi pribadi.

Ketika anda sedang dikejar-kejar  oleh petugas penagih hutang dan mereka meminta informasi pribadi tentang anda yang bersifat privasi, anda jangan sampai menyampaikannya.

Sebaiknya verifikasi terlebih dahulu debt collector tersebut apakah resmi dari platform pinjaman yang anda miliki, anda dapat menanyakan indentitas petugas serta nama perusahaannya.

Saat melakukan pengajuan pinjaman online pastikan aplikasi tersebut sudah resmi terdaftar di OJK, hal ini untuk menghindari penagihan yang tidak manusiawi yang biasanya sering terjadi oleh pinjaman ilegal.

Pinjaman ilegal sering melakukan cara penagihan yang melenceng dari aturan OJK, misalnya dengan melakukan ancaman, intimidasi, hingga berbuat kasar.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol Bunga Rendah Terbaru 2024, Simak Caranya Dibawah

Demikian ulasan seputar cara menghadapi DC lapangan dengan tepat, tips diatas dapat anda lakukan saat mengalami gagal bayar dan ditagih oleh petugas penagih hutang dari platform pinjaman online. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: