5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

cara mengatasi pinjol sebar data --foto top sumbar

Daftar kontak yang kita miliki bisa diambil oleh pinjaman online untuk meneror kerabat kita. Sebaiknya, amankan daftar kontak kerabat kita dari pinjaman online dan membuat daftar kontak samaran.

BACA JUGA:Tak Perlu Panik, Begini 3 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Paling Efektif

4. Sosmed

Aplikasi lain yang tidak kalah penting yaitu akun media sosial. Media sosial kita juga tidak luput dari ancaman penyebaran data oleh pinjaman online ilegal. Termasuk ancaman dan teror melalui pesan pribadi atau kolom komentar.

5. Galeri

Selain kontak, galeri juga rawan terkena penyebaran data. Pasalnya banyak pinjaman online ilegal yang bisa mengakses galeri kita.

Apalagi jika banyak foto dan video yang sifatnya privasi, maka sebaiknya kita menutup akses mencurigakan yang meminta izin membuka galeri.

Tips Menghindari Aplikasi Pinjol Ilegal

Meskipun sudah banyak pinjaman online legal yang tersedia, masih ada banyak masyarakat yang terperangkap dengan pinjaman online ilegal. Mereka mungkin menganggap bahwa sistemnya diawasi oleh otoritas terkait, padahal kenyataannya operasinya tidak resmi. Bagaimana cara menghindari pinjaman online semacam ini?

BACA JUGA:Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

  1. Meminjam jumlah kecil terlebih dahulu : Jika dalam keadaan mendesak dan tidak ada pilihan lain, kalian bisa mencoba meminjam dana, namun pastikan jumlahnya tidak melebihi Rp1.000.000. Namun, jika bunga dan tenor pembayaran tidak sesuai dengan yang dijanjikan, lebih baik untuk tidak melanjutkan penggunaannya.
  2. Rutin memeriksa situs web OJK : Untuk memastikan status pinjaman online, apakah legal, ilegal, atau bahkan sudah dihentikan operasinya. Pastikan juga untuk melihat rekam jejak mereka, kalian bisa mencari informasi terbaru di Google tentang mereka. Jika tidak ada informasi sama sekali, lebih baik dihindari.
  3. Menjauhi iklan yang mencolok : Apakah sering melihat iklan pinjaman online yang terlalu menarik? Misalnya, menawarkan bunga sangat rendah atau tenor cicilan yang sangat panjang hingga 36 bulan. Kemungkinan besar pinjaman semacam ini ilegal, terutama jika didukung dengan desain iklan yang tidak meyakinkan. Jadi Hati-hati ya.

Demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi pinjol sebar data dengan aksesnya beserta cara menghindari aplikasi pinjol ilegal yang perlu kalian pahami dan perhatikan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: