5 Cara Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal yang Aman agar Tidak Didatangi DC Lapangan ke Rumah

5 Cara Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal yang Aman agar Tidak Didatangi DC Lapangan ke Rumah

cara mengatasi galbay pinjol ilegal --foto poskota

DISWAY JATENG - Jika kalian terlanjur terjerat pinjol ilegal dan tidak mampu membayarnya, maka ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari teror dari debt collector (DC) pinjol ilegal, dengan mengetahui cara mengatasi galbay pinjol ilegal. 

Cara mengatasi galbay pinjol ilegal ini mungkin bisa membantu kalian saat terjebak dalam bunga yang tinggi sehingga nasabah terpaksa galbay sebab tidak ada solusi lagi. Kasus seperti ini sering terjadi pada peminjam yang sedang tidak memiliki dana untuk membayar utang tersebut. 

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang galbay alias gagal bayar pinjol merasa cemas saat diteror dan ditagih oleh DC yang bersangkutan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara mengatasi galbay pinjol ilegal yang perlu kalian coba. 

Terdapat beberapa cara mengatasi galbay pinjol ilegal yang bisa kalian gunakan sehingga tidak perlu panik lagi jika berhadapan dengan pinjol ilegal yang bikin resah. Yuk simak berikut ini. 

BACA JUGA:Terjerat Pinjol Ilegal? Inilah 5 Langkah Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal yang Harus Kamu Coba

 

1. Tetap Tenang saat Diteror Debt Collector

Jika kalian mulai menerima teror dari debt collector pinjol ilegal, jangan panik. Tetap tenang dan dengarkan apa yang mereka katakan. Jangan terpancing untuk menanggapi dengan emosi atau ancaman.

Berikut adalah beberapa tips menghadapi debt collector pinjol ilegal:

  • Laporkan pinjol ilegal ke OJK : Kalian bisa melaporkan pinjol ilegal ke OJK melalui situs web OJK atau melalui aplikasi OJK Mobile.
  • Jangan memberikan informasi pribadi : Debt collector mungkin akan meminta kalian untuk memberikan informasi pribadi, seperti nomor rekening bank atau alamat rumah. Jangan berikan informasi ini kepada mereka.
  • Jangan memblokir nomor debt collector : Memblokir nomor debt collector bisa membuat mereka menjadi semakin agresif.

2. Konsultasikan dengan Ahli Hukum

Cara mengatasi galbay pinjol ilegal berikutnya yaitu konsultasi dengan ahli hukum. jika kalian merasa terancam atau diintimidasi oleh debt collector pinjol ilegal, kalian bisa berkonsultasi dengan ahli hukum. Ahli hukum dapat membantu kalian melindungi hak-haknya.

BACA JUGA:Galbay Pinjol Ilegal dan Tidak Ada DC Lapangan Apakah Aman? Ketahui Ciri-cirinya

3. Hapus Izin Akses Kontak dan Data Pribadi

Pinjol ilegal biasanya meminta izin akses kontak dan data pribadi kalian. Hal ini bertujuan agar mereka bisa menghubungi orang-orang terdekat jika kalian tidak melunasi pinjaman. Untuk menghindari hal ini, kalian bisa menghapus izin akses kontak dan data pribadi dari pinjol ilegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: