Terjerat Pinjol Ilegal? Inilah 5 Langkah Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal yang Harus Kamu Coba

Terjerat Pinjol Ilegal? Inilah 5 Langkah Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal yang Harus Kamu Coba

tips aman galbay pinjol ilegal --foto kongkrit.com

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa langkah tips aman gagal bayar pinjaman online (galbay pinjol) ilegal yang efektif untuk digunakan. Pinjol ilegal menawarkan pinjaman dengan syarat dan ketentuan mudah, jadi tidak jarang orang nekat menggunakannya. 

Meski begitu, ternyata tak sedikit masyarakat Indonesia yang belum bisa membedakan mana pinjol legal dan mana pinjol ilegal. Akibatnya, mereka terkena jeratan dari oknum pinjol yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, jika kalian terlanjur terjerat ke pinjol ilegal, kini ada beberapa tips aman galbay pinjol ilegal supaya tidak di kejar oleh Debt Collector (DC) pinjaman online. 

Saat ini tips aman galbay pinjol ilegal bisa kalian coba untuk menghindari kerugian yang lebih lanjut. Langkah tepat yang bisa kalian lakukan yaitu menghapus data, galbay atau menggunakan beberapa langkah dibawah ini.

Lalu, bagaimana tips aman galbay pinjol ilegal? Simak beberapa cara ampuh dan efektif agar bisa lepas dari jeratan pinjaman online atau pinjol ilegal. Yuk simak berikut ini. 

BACA JUGA:6 Daftar Pinjol Ilegal Cepat Cair Tanpa Verifikasi Wajah yang Wajib Dihindari, Berikut Ciri-cirinya

Berikut Tips Aman Gagal Bayar Pinjaman Online / Galbay Pinjol Ilegal Terbaru 2024 

1. Stop Blokir Kontak Penagih

Tips aman galbay pinjol ilegal yang satu ini kerap diremehkan oleh para pengguna pinjol ilegal. Padahal, Debt Collector (DC) memiliki beragam cara untuk tetap menghubungi kalian supaya bisa membayar tagihan yang melewati tanggal jatuh tempo.

Selain menelepon dengan nomor baru, Debt Collector (DC) bisa saja menghubungi kalian melalui media sosial. Bahkan, Debt Collector juga bisa menghubungi kalian melalui perantara seperti anggota keluarga atau kerabat dekat. Karena itulah, sebisa mungkin jangan blokir dan balas apabila Debt Collector menghubungi kalian terus menerus. 

2. Hapus Izin Akses Kontak di HP

Kalian harus tahu, pinjaman online ilegal biasanya meminta izin akses kontak untuk menghubungi penggunanya jika belum membayar tagihan.

Hal ini tentu jadi sesuatu yang membahayakan bagi kalian. Sebab, bukan hanya kehidupan pribadi kalian saja yang akan diganggu. Melainkan juga, orang-orang yang ada di kontak HP milik kalian pribadi.

BACA JUGA:Tetap Waspada, Inilah 4 Bahaya Menggunakan Pinjol Ilegal Tanpa DC Lapangan, Ketahui Tips Menghindarinya

Untuk mengatasinya, kalian bisa membuka pengaturan/settings di HP dan menghapus izin akses kontak dari pinjol alias pinjaman online ilegal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: